Home / Berita / Warga Tak Ber-KTP Diakomodir

Warga Tak Ber-KTP Diakomodir

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu tetap menyiapkan penyusunan daftar pemilih khusus (DPK) untuk mengakomodasi warga yang sudah berhak menggunakan hak pilih namun tidak memiliki kartu identitas kependudukan atau KTP.

Meski demikian tetap ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi apabila ada warga yang ingin menggunakan hak pilihnya tapi tak punya kartu identitas kependudukan. Syarat tersebut diantaranya menyerahkan surat keterangan pengurus rukun tetangga (RT), tempat domisili warga yang bersangkutan.

“Dimungkinkan masih ada warga yang sudah memiliki hak untuk memilih namun tidak terdaftar dalam daftar pemilih karena tidak memiliki kartu identitas kependudukan, misalnya saja warga yang datang-datang atau mereka yang baru memasuki usia 17 tahun. Mereka berhak memilih sehingga perlu diakomodasi dengan DPK,” jelas Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, Rabu (19/02/14).

Selain untuk warga yang tidak memiliki kartu identitas kependudukan, DPK tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh warga yang tercecer atau sama sekali tidak terdaftar dalam daftar pemilih meskipun sudah memiliki kartu identitas kependudukan. “Untuk warga tersebut, syaratnya adalah menunjukkan identitas kependudukan yang masih berlaku,” katanya.

Pendaftaran untuk warga yang ingin terdata dalam daftar pemilih khusus tersebut, bisa dilakukan mulai sekarang. DPK akan ditetapkan oleh KPU pada H minus 14 Pemilu 2014. “Mudah-mudahan DPK tersebut tidak akan menyebabkan timbulnya pemilih ganda karena seluruh daftar pemilih sudah dimasukkan dalam basis data pemilih yang terintegrasi secara nasional. Makanya harus di-cross check benar-benar saat mendaftar.”

Jadi kepada warga yang belum terdaftar dipersilakan menghubungi panitia pemungutan suara (PPS) di desa dan kelurahan masing-masing. “PPS di lapangan saat ini tengah mendata kembali warga yang namanya tidak ada di DPT. Masyarakat juga diminta juga pro aktif untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih,” pungkas Nayodo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply