Home / Berita / Warga Ogah Periksa DPS

Warga Ogah Periksa DPS

KOTAMOBAGU – Kesempatan yang diberikan kepada warga untuk memeriksa daftar pemilih sementara (DPS), nampaknya tidak serius direspon.

Itulah hasil evaluasi sementara Divisi Data dan Informasi KPU Kotamobagu pada pelaksanaan uji publik DPS dalam rangka Pilgub Sulut 2015 di Kota Kotamobagu, 10 hingga 19 September 2015 lalu.

“Padahal kesempatan itu kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya bisa membantu KPU dalam mendata pemilih,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Jumat (25/09/15).

Namun demikian, lanjut Asep, KPU tidak bisa memaksa warga harus memeriksa DPS, itu hak mereka.

“Dalam beberapa kesempatan ketika saya berkomunikasi dengan warga, kebanyakan dari mereka tidak terlalu respon dengan uji publik tersebut. Selain alasan sibuk dengan pekerjaanya, mereka beranggapan toh kalaupun tidak terdaftar bisa membawa KTP atau identitas lain saat pemungutan suara,” kata Asep menirukan pernyataan warga.

Dari pengalaman KPU dampak dari tidak antusiasnya warga memeriksa data pemilih, adalah saat di tempat pemungutan suara (TPS). “Biasanya nanti saat pemungutan suara warga datang, protes dan marah-marah, mengapa nama mereka tidak tercantum di data pemilih.”

Oke, kalau memang nama mereka belum terdaftar, berarti tidak ada alasan KPPS untuk tidak melayani.

“Tapi bagaimana dengan pemilih yang datang membawa KTP mengaku tidak terdaftar? Padahal namanya tercantum, tapi lantaran malas mengecek daftar pemilih yang bersangkutan mengaku tidak terdaftar. Ini yang banyak terjadi di Pemilu dan dampaknya memunculkan pemilih ganda.”

Padahal dalam kesempatan uji publik selama sepuluh hari warga diberikan kesempatan seluas-luasnya bila namanya tidak tercantum untuk melapor baik ke PPS, PPK maupun langsung ke KPU Kotamobagu.

“Bahkan di Pilkada serentak kali ini KPU memberikan kemudahan bagi warga untuk memeriksa DPS dengan online, terutama untuk mereka yang tak punya waktu datang ke balai desa/kelurahan. Kenyataannya, tetap saja ogah. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply