Home / Berita / Warga Lapas Masuk DPT

Warga Lapas Masuk DPT

KOTAMOBAGU – Sebanyak 205 warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau rumah tahanan (Rutan) Kotamobagu masuk di daftar pemilih tetap (DPT) Kotamobagu.

Dari hasil pendataan yang dilakukan pihak Lapas Kotamobagu, ternyata ada sekitar 200-an penghuni. Yang menarik, penghuninya tidak hanya dari Kotamobagu, tapi dari berbagai daerah se-Bolaang Mongondow Raya (BMR). Rinciannya sebanyak 93 orang dari Bolmong, 18 dari Bolmut, 30 asal Boltim, 12 penduduk Bolsel dan sisasnya penduduk Kotamobagu sebanyak 52 orang.

“Karena itu kami harus melakukan koordinasi dengan KPU se-BMR terkait keberadaan mereka di DPT masing-masing daerah,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, saat dihubungi Minggu (09/02/14).
Nayodo menambahkan pihaknya juga sudah melakukan konsultasi dengan KPU RI dan KPU Sulut terkait kemungkinan akan dibukannya tempat pemungutan suara (TPS) khusus di Lapas atau Rutan, mengingat jumlahnya yang banyak. “Kami masih menunggu petunjuknya dari pusat.”

Sementara itu, Ketua Divisi Data Informasi, Hubmas, Kampanye dan Hubungan antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, menambahkan bahwa untuk sementara warga Lapas atau Rutan Kotamobagu hanya akan diberikan hak pilih untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPD. “Kami masih menunggu pentunjuk teknisnya dari pusat, termasuk soal kemungkinan akan adanya TPS khusus.”

Mengapa harus TPS khusus? Menurut Asep, pihak Lapas atau Rutan tidak berani mengambil resiko bila warga Lapas atau Rutan harus keluar untuk melakukan pencoblosan. “Ini sangat beresiko dan besar kemungkinan para tahanan akan ada yang melarikan diri. Karenanya pihak Lapas dan Rutan tidak menjamin,” jelas Asep menirukan apa yang pernah disampaikan pihak Lapas Kotamobagu. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply