Home / Berita / Warga Harus Proaktif

Warga Harus Proaktif

KOTAMOBAGU – Salah satu penentu suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) adalah perhatian masyarakat melakukan pemantauan.
Karena itu, Iwan Manoppo, Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM Pemilih Pemula KPU Kotamobagu, meminta kepada warga untuk aktif melaporkan diri apabila belum tercatat sebagai pemilih, misalnya. “Laporan tersebut akan menentukan jumlah pemilih dalam pemilihan umum (pemilu) 2014 mendatang,” kata Iwan.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan bahwa saat ini daftar pemilih tetap (DPT) masih terus dicermati oleh petugas PPS sebelum dipleno-kan kembali bersama Panwaslu dan peserta pemilu yakni partai politik. “Keaktifan warga menjadi kunci untuk bisa menggunakan haknya dalam pemilu,” ujar Iwan.

Sebagaimana diketahui, pasca ditundanya penetapan DPT secara nasional, KPU Kabupaten/Kota terus melakukan pencermatan sambil berkoordinasi dengan Panwas dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). “Rencananya Pleno KPU Sulawesi Utara akan dilakukan pada 2 November lusa di Manado, sebelum penetapan secara nasional 4 November di Jakarta.”

Iwan menambahkan kalau memang ada, KPU tetap akan mencatat nama-nama diluar DPT. Catatan itu dimasukan ke daftar pemilih khusus (DPK). “Jika warga yang memenuhi syarat memilih masih belum tercatat pada DPT, masih bisa dicatat pada daftar pemilih khusus. Untuk itu, warga hendaknya proaktif. Jika melihat namanya tak tercantum segera melapor ke panitia pemilihan terdekat untuk diinformasikan ke KPU dan dicatat di KPU Kabupten/Kota,” pungkasnya. (dh/kk)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply