Home / Berita / Warga Diminta Proaktif

Warga Diminta Proaktif

KOTAMOBAGU – Keaktifan masyarakat sangat berperan penting dalam pemutakhiran data pemilih menjelang Pilkada Gubernur Sulawesi Utara Desember 2015 mendatang.

“Mengingat mobilitas masyarakat yang cukup tinggi, sementara petugas kami terbatas. Kami harap masyarakat bisa berperan aktif untuk melaporkan siapa saja di keluarganya yang sudah bisa memilih,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data dan informasi.

Ia mengakui kerawanan data ganda masih besar. Oleh karena itu bantuan masyarakat untuk menghilangkan kerentanan tersebut cukup menentukan. “Pemutakhiran data pemilih di Kotamobagu mulai dilakukan 24 Juni pekan ini. Waktunya hingga 14 Juli yang diawali dengan penyampaian daftar pemilih hasil pemutakhiran DP4 dengan data Pemilu 2014 kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).”

Sebagaimana diketahui, hal-hal yang akan dilakukan pada proses pemutakhiran data diantaranya; membersihkan pemilih luar Kotamobagu, memperbaharui mutakhirkan data pemilih pemula, memperbaharui data yang tidak berhak memilih, membersihkan pemilih ganda, serta pemutahiran data pemilih berkebutuhan khusus.

“Dalam satu TPS ada satu petugas pemutakhiran data. KPU juga telah menyosisalisasikan hal tersebut kepada PPS dan PPK.”

Asep memperkirakan bakal ada ratusan pemilih baru pada pelaksanaan Pilgub Sulawesi Utara Tahun 2015 mendatang, baik itu yang baru berusia 17 tahun maupun pindahan. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply