Home / Berita / Viryan: Jaga Integritas

Viryan: Jaga Integritas

Manado – Komisioner KPU RI, Viryan Azis, mengingatkan soal pentingnya menjaga integritas selama penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 mendatang.
Menurut Viryan, saat memberikan pembekalan kepada enam KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara yang akan menggelar Pilkada Serentak 2018 di kantor KPU Provinsi Sulawesi Utara, banyak kasus dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2015 dan 2017 yang sebaiknya tidak terjadi lagi di pilkada serentak 2018 mendatang.
“Yang lebih utama lagi adalah menjaga prilaku kita sebagai penyelenggara pilkada,” tegas komisioner yang membidangi perencanaan, data dan humas KPU RI ini, Kamis (22/06).
Saat ini, lanjut Viryan KPU RI tengah merancang pedoman prilaku yang sifatnya teknis. “Kalau soal kode etik semua komisioner sudah paham. Tapi terkait dengan prilaku musti ada pedomannya sendiri,” ucapnya.
Kasus yang paling sering terjadi dan tidak bisa dihindari adalah ketika penyelenggara berpapasan dengan salah satu kontestan seperti di rumah makan atau lainnya. Sehingga tanpa disadari di kemudian hari menjadi komoditi untuk menjatuhkan kontestan lain dengan argumen KPU sudah tidak netral lagi. “Hal sepele seperti ini bila tidak diperhatikan berdampak buruk,” kata mantan komisioner KPU Kalimantan Barat ini.
Untuk itu Viryan mengingatkan soal perlunya para penyelenggara dan sekretariat pintar menjaga diri dan pergaulan. Terutama saat menghadapi pilkada serentak 2018.
Dibagian lain Ketua KPU Sulut, Yessy Momongan, mengharapkan kepada enam KPU Kabupaten/Kota penyelenggara pilkada serentak 2018 untuk tetap solid dan kompak. “Kalau bisa dihindari ribut-ribut di internal komisioner maupun sekretariat. Ini penting agar seluruh tahapan pilkada bisa berjalan dengan baik,” harapnya.
Dalam Rakor yang membahas tentang PKPU Nomor 1 Tahun 2017 itu, KPU Kotamobagu yang mengirimkan lima komisioner dan sekretaris tersebut bertekad untuk mensukseskan seluruh tahapan pilkada serentak. “Sejak awal kami sudah berkomitmen menjaga integritas,” tegas Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu.
Nayodo menegaskan bahwa tema besar yang diusung pada penyelenggaraan pilkada serentak atau pemilihan walikota dan wakil walikota di kotamobagu kali ini adalah “kerja cerdas, kerja tuntas, berkualitas dan berintegritas”.
KPU Kotamobagu sendiri, tambah Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data, saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatu yg terkait dengan sosialisasi atau launching pilkada serentak. “Lokasi dan peserta yang akan diundang sudah fix. Masalah waktu masih akan dikonsultasikan ke KPU sulut,” pungkas Asep diiyakan Iwan Manoppo, Nova Tamon, Aditya Tegela dan Sekretaris Frans Manoppo. (guf)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …