Home / Berita / Verfak Parpol dan Perseorangan Dimulai

Verfak Parpol dan Perseorangan Dimulai

KOTAMOBAGU – Verifikasi faktual (verfak) partai politik calon peserta Pemilu 2019 dan dukungan calon perseorangan pilkada Kota Kotamobagu 2018, dimulai Selasa (30/01/18) besok.
Menurut Amir Halatan, Ketua Divisi Hukum yang juga penanggungjawab verfak parpol calon peserta Pemilu 2019, parpol yang akan diverfak adalah partai lama sebagai tindaklanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
“Waktu yang diberikan mulai tanggal 30 Januari 2018b hingga tanggal 2 Februari 2018. Yang akan melakukan verfak nanti adalah langsung Komisioner KPU Kota Kotamobagu,” tegasnya kepada media ini, Senin (29/01/18).
Amir menjelaskan bahwa yang akan diverfak terhadap parpol antara lain Surat Keputusan (SK) kepengurusan, Ketua-Sekretaris Bendahara (KSB), keterwakilan perempuan, secretariat dan kepengurusan dibawahnya. “Kami akan memverifikasi semuanya. Karena itu diminta kepada parpol untuk menyiapkan diri, jangan sampai ada yang terlewati.”
Sedangkan untuk verfak terkait dukungan tambahan pasangan calon jalur perseorangan, sebagaimana disampaikan Aditya Tegela, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis yang juga penanggujawab verfak dukungan calon perseorangan, akan dilakukan oleh PPS.
“Hanya saja yang membedakan dengan verfak tahap awal adalah PPS tidak lagi datang dari rumah ke rumah pendukung, tetapi para pendukung yang akan dikumpulkan oleh liaison officer (LO) di suatu tempat yang nanti akan dikomunikasikan.”
Karena itu, lanjut Aditya, PPS untuk selalu berkoordinasi dengan LO serta pengawas lapangan. “Dan, karena ini verfak terakhir, hasilnya pasti akan menentukan syarat dukungan paslon jalur perseorangan.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …