Home / Berita / Verfak Hari Pertama Lancar

Verfak Hari Pertama Lancar

KOTAMOBAGU – Hari pertama pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) terhadap dokumen dukungan calon perseorangan atas nama pasangan calon (paslon) Jainudin Damopolii dan Suharjo Makalalag yang dilakukan PPS, berjalan lancar.
“Dari pemantauan kami ke beberapa titik, proses verfak berjalan lancar-lancar saja. Bahkan ada PPS yang optimis pekerjaannya akan cepat selesai, mengingat pihak-pihak yang ditemui ternyata proaktif dan sangat membantu proses verfak,” kata Asep Sabar dan Amir Halatan, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang memantau langsing verfak di beberapa desa maupun kelurahan, kepada media ini, Selasa (12/12/17).
Bahkan keduanya berharap hingga batas akhir verfak mendatang tidak akan ada persoalan di lapangan. “Kami sudah mewanti-wanti PPS untuk sopan bila menemui mereka-mereka yang namanya tercantum di dukungan calon perseorangan. Jangan sampai ada kesan PPS mengintimidasi atau menginterogasi. Sampaikanlah pertanyaan dengan baik-baik, dan jangan sampai membentak.”
Asep dan Amir memastikan bahwa dokumen-dokumen yang dibawa oleh PPS dalam melakukan verfak dijamin kerahasiaannya. “Mereka-mereka yang tercantum di dokumen dukungan perseorangan wajib dirahasiakan dan jangan sampai bocor ke pihak-pihak yang tidak diinginkan.”
Pelaksanaan verfak itu sendiri akan berakhir pada tanggal 25 Desember mendatang. Setelah itu PPS akan melakukan rekap dan ditindaklanjuti oleh PPK melakukan hal yang sama.
“Setelah itu KPU Kota Kotamobagu akan melakukan pleno dan memutuskan apakah pasangan calon perseorangan tersebut diputuskan memenuhi syarat (MS), atau tidak memenuhi syarat (TMS).”
Bila MS, kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggaraan, saat bimtek dua hari sebelumnya, maka dipersilakan pasangan calon mendaftar pada tahap pendaftaran calon bersama paslon dari partai maupun gabungan partai politik. Manun bila tidak atau TMS, maka KPU Kota Kotamobagu akan memberikan waktu kepada pasangan calon dan timnya untuk memperbaikinya dokumen. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …