Home / Berita / Usia 17 Tahun Boleh Jadi PPK, PPS dan KPPS

Usia 17 Tahun Boleh Jadi PPK, PPS dan KPPS

MONGONDOW.CO, Kotamobagu – Kabar gembira bagi anak muda di Kotamobagu. Pasalnya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana syarat menjadi PPK dan PPS harus berusia 25 tahun, sekarang usia 17 tahun sudah bisa.
Penegasan tersebut tercantum dalam RUU Pemilu yang baru saja disahkan jumat dini hari kemarin. Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu, bagi warga yang sudah berusia 17 tahun dan berminat menjadi panitia adhoc: PPK maupun PPS dipersilakan.
“Pendaftaran dan seleksi PPK dan PPS akan dibuka Oktober mendatang. Jadi mulai sekarang sudah bisa dipersiapkan segala sesuatunya. Sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU RI,” ujarnya.
Bahkan, lanjut Asep, tidak hanya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mensyaratkan berusia 17 tahun. Termasuk juga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat TPS.
“Syarat tersebut bisa kita lihat pada Pasal 72 draft Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu yang disahkan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kemarin,” jelasnya.
Dengan aturan baru ini, kata Asep, membuka kesempatan anak muda turut terlibat dalam penyelenggaraan pemilu. “Anak muda memiliki posisi strategis untuk menjaga integritas pemilu,” ujar Asep kepada mongondow.co, Sabtu (22/07).
Ketika ditanya apakah aturan di RUU Pemilu yang sudah diketuk tersebut berlaku juga untuk penyelenggara adhoc pada pilkada serentak? Asep belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Menurut dia pihaknya masih akan menunggu peraturan KPU terkait rekrutmen adhoc tersebut. (guf)

Sumber: mongondow.co

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …