Home / Berita / Uji Publik Dapil Pemilu Kotamobagu

Uji Publik Dapil Pemilu Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Kelanjutan pembahasan penataan daerah pemilihan (dapil) Pemilu 2019 kembali digelar.
“Dapil di Kota Kotamobagu tetap tiga. Kami sudah berupaya dan bahkan mempresentasikan apa yang disampaikan oleh mayoritas tokoh masyarakat dan parpol yang menginginkan empat dapil, sayangnya tidak bisa,” kata Aditya Tegela, pada acara Uji Publik penataan dapil Pemilu 2019 Kota Kotamobagu, di Hotel Sutan Raja, Jumat (09/02/18).
Menurut Aditya, banyak hal yang tidak bisa dijadikan alasan Kota Kotamobagu dimekarkan menjadi empat dapil. “Aspirasi yang disampaikan tokoh masyarakat dan parpol waktu itu hanya bertumpu pada faktor dan indikator kohesifitas. Padahal enam indikatornya juga sangat menentukan, diantaranya proporsionalitas dan lain-lain.”
Keputusan tersebut mendapat tanggapan menarik dari tokoh masyarakat Hairun Mokoginta, Ikbal Datunsolang dan Shakespeare Makalunsenge. Menurut mereka pemekaran dapil sebenarnya lebih mendekatkan wakil rakyat kepada pemilihnya. “Namun kalau itu ditentukan oleh pertimbangan lain selain adat dan budaya, berarti kita harus menerima keputusan ini,” tegas Ikbal.
Pernyataan lain disampaikan Sekretaris Partai Golkar, Sudirman Mamonto. Menurut Sudirman pemekaran dapil sebenarnya berdampak pada pemerataan pembangunan di semua wilayah, yang secara tidak langsung asas keadilan terpenuhi.
“Kita berpikirnya bagaimana agar empat kecamatan yang ada ini bisa merasakan manfaat pembangunan karena ada wakilnya di dewan. Bicara kepentingan sudah pasti itulah kepentingan dewan kepada daerahnya,” kata Sudirman.
Selain pemerataan, masih kata Sudirman, pemekaran dapil juga terkait dengan bagaimana menghapus kesenjangan pembangunan yang berdampak pada ketidakpuasan masyarakat. “Bisa dibayangkan Dapil I yakni Kecamatan Kotamobagu Utara dan Kecamatan Kotamobagu Timur misalnya. Pasti wakil rakyat dari daerah tersebut berpikirnya pembangunan di daerahnya dulu, baru berpikir di daerah lain, meski satu dapil.”
Selain tokoh masyarakat dan pengurus parpol se-Kota Kotamobagu, hadir di acara tersebut Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Muliono Mokodompit dan Sekrestaris Kesbang Pol Kotamobagu, Hendra Makalalag. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …