Home / Berita / Uji Publik Dapil Pemilu 2019

Uji Publik Dapil Pemilu 2019

KOTAMOBAGU – Warga Kota Kotamobagu diberikan kesempatan untuk memberikan masukan serta tanggapan terkait dengan usulan penataan daerah pemilihan (dapil) DPRD Kota Kotamobagu pada Pemilu 2019.
Menurut Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu, dapil dalam rangka penetapan kursi DPRD Kota Kotamobagu pada Pemilu Legislatif 2019 di daerah ini masih tetap tiga dapil, sebagimana Pemilu tahun 2014. “Aspirasi dan masukan dari warga serta partai politik se-Kota Kotamobagu menjadi perdebatan seru ketika pembahasan di KPU Provinsi Sulawesi Utara.”
Masih menurut Nova, KPU Kota Kotamobagu tidak punya argumen yang kuat dan dianggap tidak menggambarkan tujuh prasyarat atau indikator pembentukan dapil sebagaimana yang sudah dibahas, baik dengan tokoh masyarakat maupun parpol.
“Dan karena diaturan sudah ditetapkan bahwa apapun hasilnya penataan dapil tetap harus dilakukan uji public. Warga diberikan hingga tanggal 6 Februari 2018 mendatang untuk memberikan komentarnya dan disampaikan langsung ke KPU Kota KOtamobagu.”
Dalam berita acara usulan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Kotamobagu di Pemilu 2019 yang sudah ditandatangani oleh lima Komisioner KPU Kota Kotamobagu dalam rapat pleno yang digelar semalam dijelaskan bahwa Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Utara tetap menjadi satu dapil, yakni menjadi menjadi Dapil I dengan jumlah penduduk 30.477 + 17.371.
“Sedangkan Kotamobagu Selatan menjadi Dapil II dengan jumlah penduduk 31.188 dan Kotamobagu Barat Dapil III dengan jumlah penduduk terbanyak 43.272. Sementara untuk jumlah kursi; Dapil I sebanyak 10, sedangkan untuk Dapil II dengan 6 kursi dan Dapil II sebanyak 9 kursi. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …