Home / Berita / Uji Publik Bapaslon Pilwako Ditutup

Uji Publik Bapaslon Pilwako Ditutup

KOTAMOBAGU – Masa uji publik bagi warga Kota Kotamobagu terkait dua bakal pasangan calon walikota dan walikota Kota Kotamobagu yang mendaftar ke KPU Kota Kotamobagu, sudah ditutup sejak Selasa (16/01/18) malam.
“Hingga semalam ternyata tidak ada surat masukan dari warga Kota Kotamobagu yang masuk ke KPU Kota Kotamobagu. Padahal kami Sudah membuka kotak aduan sejak tanggal 11 Januari 2018 lalu,” tegas Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu di ruang kerjanya, Rabu (17/01/18) siang.
Nova yang didamping komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan, dan Aditya Tegela menjelaskan bahwa sebagaimana Pasal 53 ayat (1) PKPU Nomor 3 Tahun 2017 bahwa “dalam hal terdapat keraguan dan/atau masukan dari masyarakat terhadap kebasahan dokumen persyaratan pencalonan dan/atau persyaratan calon, KPU dapat melakukan klarifikasi kepada instansi yang berwenang.”
“Nah, karena tidak ada masukan tersebut, maka kami melanjutkan memeriksa hasil penelitian faktual pencalonan dan calon lainnya, seperti dukungan parpol, ijazah, surat keterangan lain, diantaranya hasil pemeriksaan kesehatan. Kami akan umumkan dan menyerahkan dokumennya ke Panwas Kota Kotamobagu serta masing-masing LO bakal pasangan calon pada Kamis (18/01/18) besok dalam sebuah rapat pleno,” jelas Nova diiyakan lainnya.
Saat ditanya bagaimana dengan hasil pemeriksaan kesehatan, Nova mengatakan pihaknya belum bisa menyampaikan sekarang, semua hasilnya akan disampaikan secara resmi dalam rapat pleno Kamis besok.
“Saat ini kami masih memeriksa hasil verifikasi yang dilakukan oleh beberapa tim KPU Kota Kotamobagu ke berbagai tempat dan instansi, diantaranya Jakarta, Makassar, Tondano, Manado, Inobonto, bahkan hingga ke Tagulandang Kabupaten Sitaro.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …