Home / Berita / Tugas KPU Melayani

Tugas KPU Melayani

KOTAMOBAGU – Tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu melayani seluruh peserta pemilihan umum (pemilu) dan jangan sekali-kali ‘bermain’.

Pernyataan tegas tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Y Momongan, saat memberikan materi pada acara Bimtek Peningkatan Pengetahuan dalam Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2014 kepada staf sekretariat KPU Kotamobagu di Swiss-belt Hotel Manado, Senin (03/03/14) malam.

Lebih lanjut Yessy menegaskan bahwa demi terlksananya pemilu dengan baik harus ada sinkronisasi dan kesamaan prinsip antara para komisioner dengan staf sekretariat, ini penting. “Halangan dan cobaan itu biasa dan kita harus selalu tabah menjalaninya. Kita semua memang dapat tekanan, tidak saja dari pihak luar tapi juga dari internal yakni KPU RI agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan baik dan demokratis,” tegas mantan anggota KPU Minahasa ini.

Intinya, tegas Yessy, komisioner KPU itu sekarang lebih bersifat pelayan bagi para peserta pemilu. “KPU bukan segala-galanya lagi seperti dulu. Kita semua jadi hamba untuk melayani peserta dan masyarakat yang memiliki hak pilih. Karena itu disini butuh kesolidan dan kekompakan sesama komisioner serta komisioner dengan staf sekretariat, sehingga ada kesamaan visi soal pemilu sukses.”

Yessy menambahkan, penyelenggara itu melingkup tidak hanya KPU, tapi juga hingga ke PPS dan PPK serta KPPS. “Disini harus dilihat sebagai network dan kerja tim demi sukses bersama. Karena itu saya me-warning kalau ada komisioner yang kerja rangkap ditempat lain, segera tentukan sikap. Ini penting jangan sampai masuk ke DKPP dan kemudian dipecat. Kalau sudah dipecat ini tentu masa depan sangat buruk karena mendapat sanksi sosial. Kita semua harus on the track, jangan coba-coba melawan aturan.”

Sementara itu, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengaku termotivasi dengan apa yang disampaikan oleh Yessy Momongan. Karena itu, kata Nayodo, pihaknya akan menekankan semacam komitmen dan pakta integritas kepada seluruh staf KPU Kotamobagu dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif serta menjaga integritas.

“Integritas bukan hanya kepada para komisioner tetapi juga staf sekretariat. Untuk menjaga semua itu tentunya harus ada komitmen yang teguh berjalan seiring sejalan,” pungkas Nayodo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply