Home / Berita / Transparansi Pilkada Serentak 2015

Transparansi Pilkada Serentak 2015

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 ini dipastikan lebih transparan dan terbuka.

Karena itu KPU secara berjenjang sudah punya perangkat sistem informasi penghitungan suara (Situng) yang akan digunakan pada hari H pemungutan suara, 9 Desember 2015 mendatang.

“Sasaran utamanya masyarakat bisa melihat hasil dan perolehan suara pasangan calon pada hari itu juga,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang baru saja mengikuti Bimtek Situng bersama Moh Nasir Malah, Operator Situng KPU Kotamobagu dari tanggal 11-13 November 2015 di Jakarta.

Dokumen terkait perolehan suara Pilkada Serentak tersebut, lanjut Asep, nantinya akan diposting di website KPU. “Jadi siapa saja dan dari belahan dunia mana saja bisa langsung mengakses formulir C1 hasil rekapitulasi yang dilakukan KPPS di TPS-TPS.”

Bisa jadi perolehan suara yang disampaikan KPU ini, masih kata komisioner berlatar jurnalis ini, lebih valid dan akurat karena berdasarkan C1 yang disusun di TPS. “Kita tidak menggunakan jasa kurir atau relawan, sehingga lebih akurat datanya.”

Asep menambahkan, problem yang dihadapi di daerah ini pemadaman listrik bergilir dan sering dropnya jaringan internet masih menjadi momok, sehingga berdampak pada bakal lambannya pengiriman data ke Jakarta. Mengingat pengiriman data tersebut menggunakan fasilitas internet.

“KPU Kotamobagu berharap PLN Kotamobagu untuk tidak memadamkan listrik sejak tanggal 8 hingga 11 Desember 2015 di areal eks kantor Bupati Bolmong atau kantor KPU Kotamobagu.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply