Home / Berita / Bantuan Tokmas Dibutuhkan

Bantuan Tokmas Dibutuhkan

KOTAMOBAGU – Terkait rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pilgub Sulut Tahun 2015, lembaga-lembaga maupun tokoh masyarakat (tokmas) desa/kelurahan diharapkan memberi masukannya.

Ini penting agar proses rekrutmen lurah dan kepala desa untuk merekomendasikan warganya dalam rangka membantu KPU Kotamobagu di PPS, bisa berjalan dengan baik. Sebab, informasi yang diperoleh media ini, tidak sedikit lurah dan kepala desa yang datang mengeluh soal keterbatasan sumberdaya manusia (SDM) di wilayahnya.

Buktinya, hingga Selasa (12/05/15) ini saja rekomendasi yang diberikan oleh lurah maupun kepala desa se-Kota Kotamobagu belum optimal. Jumlahnya pun baru 15 desa/kelurahan dari total 33 desa/kelurahan di Kota Kotamobagu yang memasukkan rekomendasi ke KPU Kotamobagu.

“Karena itu kami sudah meminta PPK yang baru dilantik untuk mengawal dan mendampingi lurah/kepala desa,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, di ruang kerjanya pagi tadi.

Tak hanya itu, Nayodo juga sudah meminta kepada para komisioner KPU Kotamobagu yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) PPK se-Kotamobagu untuk melakukan monitoring langsung ke desa/kelurahan sekaligus memantau sampai sejauhmana rekrutmen yang dilakukan pihak desa/kelurahan.

“Kalau memang SDM di desa atau kelurahan terbatas, minta pendapat tokoh masyarakat (tokmas) dan lembaga desa/kelurahan, karena mereka tahu banyak soal warganya.”

Persyaratan untuk menjadi PPS sama dengan PPK. Ada standarisasi dan syarat yang diatur sebagaimana Peraturan KPU. “Secara normatif untuk adhoc sama dengan PPK, termasuk KPPS. Intinya tidak bisa bagi yang sudah menjadi penyelenggara di dua periode sebelumnya, ada batasan umur, serta tidak pernah terlibat partai politik,” ujar Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi dan humas.

Bahkan KPU Kotamobagu, lanjut Asep, sudah mengisyaratkan agar PPS yang akan terpilih nanti tidak gagap teknologi (gaptek). “Kerja-kerja PPS bersentuhan langsung dengan teknologi, terutama ketika mengelola data daftar pemilih yang full internet.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply