Home / Berita / TNI/Polri Siap Amankan 27 Juni

TNI/Polri Siap Amankan 27 Juni

KOTAMOBAGU – TNI dan Polri berjanji akan mengamankan setiap permasalahan yang muncul saat pemungutan suara Pilkada Kota Kotamobag, 27 Juni 2018 mendatang.
Pernyataan tersebut disampaikan langsung Komandan KODIM 1303 Letkol Sigit DS dan Kapolres Bolmong AKBP Gani Siahaan, saat rakor terkait persiapan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kotamobagu 2018, di kantor KPU Kota Kotamobagu, Kamis (21/06/18).
Menurut kedua petinggi TNI dan Polri itu, pihaknya akan menempatkan personil langsung ke tempat pemungutan suara (TPS). “Kami sudah memerintahkan pasukan untuk mendeteksi sedini mungkin potensi keributan. Hari Senin nanti kami akan menggelar apel kesiapan disertai dengan peralatan pengamanannya,” tegas Kapolres.
Bahkan Kapolres juga menegaskan bahwa pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan KPPS. “Kalau nanti ada yang ribut-ribut saat pemungutan suara, atas perintah KPPS kami siap mengamankan warga yang melakukan keonaran.”
Yang lebih penting lagi, lanjut Kapolres, pihaknya akan mengawal kotak suara saat distribusi dari KPU Kota Kotamobagu hingga kembali ke KPU Kota Kotamobagu. “Kami menjaga jangan sampai ada oknum warga yang memanfaatkan peluang untuk merusak atau membobol kotak yang berisi surat suara tersebut.”
Dibagian lain Dandim menambahkan bahwa sejak awal TNI sudah siap dengan perhelatan Pilkada 2018. “Meski dengan berbagai keterbatasan kami akan ikut bersama Polri mengamankan Pilkada 2018. Pasukan ARMED sudah disiagakan, demikian pula Babinsa.”
Hadir pada rakor tersebut lima komisioner KPU Kota Kotamobagu; Nova Tamon (Ketua), Asep Sabar, Iwan Manoppo, Amir Halatan dan Ridwan Kalauw. Pihak KPU Kota Kotamobagu hanya berharap pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapan di KPU Kota Kotamobagu nanti bisa berjalan kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Usai rakor dilanjutkan dengan peninjauan ke gudang logistik. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …