Home / Berita / Tinta Sidik Jari Pemilu Tiba

Tinta Sidik Jari Pemilu Tiba

KOTAMOBAGU – Tinta pemilu yang diproduksi di Jakarta, tiba Kamis (12/-2/14) dan diterima langsung salah satu Kasubag KPU Kotamobagu, Polce Liando, di kantor KPU Kotamobagu.

Bahkan tiga komisioner Iwan Manoppo, Aditya Tegela dan Asep Sabar, ikut menyaksikan serah terima sekaligus penandatanganan surat tanda terima antara perusahaan jasa pengiriman dengan Polce. “Satu-persatu logistik pemilu tiba, mudah-mudahan yang lainnya bisa segera menyusul,” kata Iwan Manoppo.

Iwan menambahkan tinta sidik jari pemilu kali ini diproduksi oleh pabrik pembuatan tinta yang terbaik di Jawa. Bahkan, yang menarik, kata Iwan, untuk memastikan bahwa kualitas tinta tersebut baik, KPU RI telah menempatkan dua orang analis farmasi yang bertugas menguji spesifikasi tinta. “Perusahaan tersebut adalah salah satu dari empat perusahaan yang memenangkan tender produksi tinta Pemilu 2014.”

Sebelumnya, KPU RI mengkalim menghemat anggaran sebesar Rp 4.407.984.616,4 untuk pengadaan tinta sidik jari. KPU menetapkan harga perkiraan sendiri (HPS) tinta sidik jari sebesar Rp 20.683.350.191. Sedangkan total harga yang ditawarkan pemenang tender adalah Rp 16.275.365.574,60.

Sementara pemenang tender pengadaan tinta sidik jari adalah CV Tridaya Pratama, PT Intimas Wisesa dan PT Tintamas Tirta Surya.

“Tinta itu sendiri dapat bertahan selama 3 hari dan sudah melewati standarisasi KPU yang meminta tinta dapat bertahan selama 1 hari. Karena syarat tinta harus mengenai kuku dan satu ruas jari, jangan hanya kulitnya yang terkena. Karena kulit orang berbeda-beda dan daya lekat kulit lebih mudah luntur. Jadi kalau sudah hilang dan mau memilih lewat dari pukul 13.00 Wita, sudah tidak bisa,” kata Nova Tamon, Ketua Divis Logistik KPU Kotamobagu beberapa waktu lalu. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply