Home / Berita / Tiga Parpol Tak Laporkan LDK

Tiga Parpol Tak Laporkan LDK

KOTAMOBAGU – Hingga batas akhir pemasukan laporan dana kampanye (LDK) tahap ketiga, tiga partai politik (parpol) peserta pemilu di Kotamobagu tak masukkan laporan keuangannya.

Informasi yang diperoleh media ini dari Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi hukum dan pengawasan, hingga batas akhir pemasukan mereka tidak ada informasi yang jelas. “Jadi kami anggap mereka tidak memasukkan LDK-nya,” tegas Aditya di ruang kerjanya, Sabtu (26/04/14).

Aditya menambahkan LDK tahap tiga merupakan kewajiban peserta pemilu, sebagaimana Undang-undang Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). “Bahkan sanksi-nya bila tidak memasukkan LDK, calon legislatif yang dinyatakan terpilih tidak akan dilantik sebagai legislator,” kata Aditya.

KPU Kotamobagu sendiri sebelumnya sudah menjadwalkan penyerahan LDK tahap tiga hingga dengan tanggal 24 April pukul 18.00 Wita. “Setelah itu LDK parpol peserta pemilu akan langsung diaudit oleh akuntan publik yang direkomendasi KPU,” tambah Aditya beberapa saat sebelum bertolak ke KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado.

Untuk diketahui, mengacu pada Undang-undang Pemilu Nomor 8/2012, dan PKPU Nomor 17/2013, laporan penerimaan dan pengeluaran harus diserahkan kepada Kantor Akuntan Publik.

Adapun tiga parpol yang tidak menyerahkan LDK-nya ke KPU Kotamobagu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Informasi yang beredar, mereka sengaja tidak memasukkan LDK, karena memang caleg-caleg mereka tidak masuk nominator peraih kursi DPRD Kotamobagu 2014-2019. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply