Home / Berita / Tiga Parpol Lengkapi Berkas

Tiga Parpol Lengkapi Berkas

KOTAMOBAGU – Tiga partai politik (parpol) yang dokumen KTA dan e-KTP-nya dianggap tidak memenuhi syarat dan berada dibawah minimal syarat dukungan akhirnya memasukkan dokumen perbaikan.
“Tercatat ada tiga parpol yang berada dibawah minimal syarat dukungan, yakni PAN, Hanura dan Garuda,” kata Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu di kantornya Jumat (01/12/17).
Dari data yang diperoleh, saat pemasukan berkas awal PAN menyerahkan sebanyak 142. Hanya saja saat verifikasi hanya 116 saja yang dianggap memenuhi syarat (MS), sementara sisanya 26 dianggap tidak memenuhi syarat (TMS). Itu artinya PAN harus menutupi kekurangan sebanyak 26 dokumen. Berikutnya Hanura, saat awal pemasukan ada 173 KTA dan e-KTP. Saat verifikasi hanya 12 saja yang MS, selebihnya 161 dianggap TMS oleh KPU Kota Kotamobagu. Terakhir partai Garuda dari 166 dokumen yang dimasukkan ke KPU Kota Kotamobangu hanya 55 saja yang MS, lainnya sebanyak 111 TMS.
“Ketiga parpol sudah memperbaiki dan memasukkan data perbaikan ke KPU Kota Kotamobagu,” tegas Nova didampingi tiga komisioner lain; Asep Sabar, Aditya Tegela dan Amir Halatan.
Setelah memasukkan berkas perbaikan, tahap berikutnya, tambah Amir, komisioner yang membidangi Hukum, KPU Kota Kotamobagu kembali akan memeriksa dan meneliti berkas susulan tersebut. “MUdah-mudahan tidak akan ada yang TMS lagi, agar angka minimalnya bisa terjaga.”
Sebagaimana diketahui, parpol calon peserta Pemilu 2019 yang mendaftar ke KPU Kota Kotamobagu saat tahapan pemasukan berkas Oktober lalu tercatat sebanyak 14 parpol. “Dan, bila ditambah parpol yang baru saja memasukkan berkas berdasarkan putusan Bawaslu, yakni PKPI, PBB dan Republik, berarti ada 17 parpol.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …