Home / Berita / Tes Seleksi Calon PPS Pilwako Kotamobagu 2013

Tes Seleksi Calon PPS Pilwako Kotamobagu 2013

kpukotamobagu.web.id–  Sesuai dengan Tahapan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu Tahun 2013, KPU Kotamobagu menyelenggarakan tes seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kantor KPU Kota Kotamobagu. Tes tersebut dilaksanakan sebagai salah satu tahapan yang harus dijalankan mengingat betapa pentingnya peranan PPS dalam pelaksanaan pemilu.

Ada yang berbeda dalam pelaksanaan seleksi antara PPS dan PPK yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Pelaksanaan tes seleksi PPK dilakukan dengan 2 tahap, yaitu seleksi tes tertulis dan dilanjutkan dengan tes wawancara. Sedangkan untuk seleksi PPS hanya dilakukan 1 tahap, yaitu dengan tes wawancara. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa jumlah calon PPS yang mendaftar ternyata cukup menyedot animo yang besar dari masyarakat. Dari data calon PPS yang mengikuti tes wawancara berjumlah 139 orang.

Tes wawancara tersebut langsung dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Kotamobagu. Kelompok wawancara dibagi menjadi 5 kelompok sesuai jumlah komisioner. Setiap komisioner melakukan tes wawancara terhadap sekitar 28 calon anggota PPS yang dilaksanakan dalam waktu 4 hari dari hari Kamis sampai hari Minggu (3-6/1). Dalam wawancara tersebut, komisioner melakukan tanya jawab seputar permasalahan dan kasus-kasus yang sering terjadi dalam pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Proses seleksi tersebut nantinya dari 139 calon anggota PPS tersebut hanya akan meloloskan calon anggota PPS sebanyak 99 orang, dengan rincian bahwa PPS berjumlah 33 dan tiap PPS beranggotakan 3 orang. Pengumuman calon anggota PPS rencananya akan diumumkan sesuai tahapan pada hari Senin (7/1), akan tetapi dikarenakan penetapan calon anggota PPS harus melalui pleno KPU dan berhubung Ketua dan beberapa Anggota KPU Kota Kotamobagu harus menghadiri rapat di KPU Pusat, maka kemungkinan pengumuman akan ditunda sekembalinya dari rapat di Jakarta.

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply