Target Angka Partisipasi 85 Persen

KOTAMOBAGU – Suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 juga tergantung dari kepedulian Pemerintah Daerah.

“Yang pasti kami, Pemkot Kotamobagu, siap membantu dan mensosialisasikan Pilkada Serentak 2015 di Kota Kotamobagu,” kata Gunawan Damopolii, Kaban Kesbang Pol Kotamobagu saat bertandang ke kantor KPU Kotamobagu belum lama ini.

Gunawan menambahkan bahwa program utama yang saat ini tengah dilaksanakan adalah terus berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada Serentak yakni KPU dan Panwas Kotamobagu. “Kami sudah beberapa kali menggelar rakor maupun sosialisasi terkait kesiapan Pilkada Serentak, dalam hal ini Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” tegas Papa Era, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Iwan Manoppo, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi menambahkan bahwa pihaknya akan menyurat kepada Pemkot Kotamobagu terkait dengan sosialisasi hari H Pilkada Serentak Tahun 2015.

“Kami mengakui hingga hari ini tak sedikit warga yang belum tahu kapan Pilkada atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2015 ini digelar, makanya kami meminta Pemkot juga membantu mensosialisasikan hal ini,” tegas komisioner berlatar akademisi ini.

Hal-hal yang menjadi target sosialisasi, lanjut Iwan, selain hari H pemungutan suara, juga penjelasan tentang pasangan calon yang akan dipilih dalam Pilgub Sulut Tahun 2015. “Kita diberi target oleh KPU RI angka partisipasi harus mencapai 85 persen. Nah, ini menjadi pekerjaan rumah kita semua, tidak saja KPU, Panwaslu, tapi juga Pemkot Kotamobagu.”

Banyak sarana atau kesempatan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan semua itu, diantaranya adalah pesta-pesta pernikahan maupun lainnya, di acara-acara pemerintahan, di sekolah-sekolah saat upacara misalnya, atau di acara ibadah baik Jumat maupun Ibadah Minggu di gereja-gereja serta ibadah umat lainnya.

“Semua potensi itu harus dimanfaatkan agar target 85 persen angka partisipasi politik masyarakat di Kotamobagu bisa tercapai,” pungkas Iwan. (**)

Leave a Reply