Home / Berita / Tanpa Undangan Bisa Memilih

Tanpa Undangan Bisa Memilih

KOTAMOBAGU – KPU Kotamobagu sepertinya harus meluruskan pernyataan bahwa tanpa undangan (C6) pemilih tidak bisa memilih, meski terdaftar di daftar pemilih.

“Itu perlu diluruskan. Sebenarnya tanpa undangan (C6) pemilih bisa tetap memilih, apalagi kalau yang bersangkutan tercatat di daftar pemilih, baik DPT maupun DPTb-1,” tegas Nayodo Koerniawan, ketua KPU Kotamobagu, Rabu (18/11/15).

C6 atau yang disebut-sebut sebagai undangan, jelas Nayodo, sebenarnya hanyalah surat pemberitahuan dari KPPS untuk memilih pada hari yang sudah ditentukan. “Jadi tidak benar kalau tidak dapat C6 tidak bisa memilih.”

Dan kalau itu terjadi, Nayodo menambahkan, pemilih tanpa C6 cukup dengan menunjukkan KTP, KK, Paspor atau identitas lain kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Lebih bagus lagi kalau pemilih tanpa C6 ini menyampaikan nomor urut namanya sebagaimana tertera di daftar pemilih, supaya mempermudah KPPS mendaftarkan namanya di formulir daftar hadir,” jelas Nayodo.

Dibagian lain, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi, Iwan Manoppo, berharap kepada masyarakat untuk menggunakan hak politiknya dengan baik. “Kita diberikan hak penuh oleh Undang Undang untuk memilih, sayang kalau kemudian kita tidak gunakan dengan baik,” tegas komisioner berlatar akademisi ini.

Kepada para pemilih pemula, khususnya yang baru memasuki usia memilih, Iwan berharap bisa belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada selama ini.

“Untuk pemilih yang baru pertama kali memilih diminta untuk tidak terpengaruh dengan berbagai hal negatif yang bisa mengganggu kalian menggunakan hak pilih sesuai hati nurani,” pungkas Iwan. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply