Tanpa C6 Bisa Memilih, Kuncinya DPT

Tanpa C6 Bisa Memilih, Kuncinya DPT

KOTAMOBAGU – Bagi pemilih yang belum juga mendapatkan formulir C6 atau surat pemberitahuan memilih, tidak perlu kuatir.
“Formulir C6 itu hanya pemberitahuan bagi pemilih untuk memilih di TPS mana. Kalau memang karena kesibukannya sehingga tidak selalu berada di tempat dan belum mendapatkan C6 hingga H-1 pencoblosan, pemilih bisa langsung datang ke TPS, yang penting terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) sambil membawa KTP-el,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih.
Asep meyakini dan memastikan pemilih tanpa C6 namun terdaftar di DPT tetap bisa memilih. “Sedangkan pemilih yang tidak terdaftar di DPT saja bisa memilih, masa pemilih yang terdaftar tidak bisa memilih? Asal punya KTP-el, pasti bisa dilayani sebagai pemilih tambahan,” tegas Asep menanggapi pertanyaan beberapa wartawan yang menghubunginya semalam.
Asep menjelaskan bahwa pihaknya kerap menerima laporan dari PPS dan PPK terkait dengan pemilih. “Bahkan ada yang menanyakan bagaimana kalau C6-nya hilang, apakah juga bisa memilih tanpa C6? Bisa, yang terpenting terdaftar di DPT dan ingat di TPS mana, bisa berkoordinasi dengan PPS atau KPPS. Bisa juga menghubungi call center KPU Kota KOtamobagu nomor 082349211250. Nanti akan dilacak TPS-nya.” (***)