Home / Berita / Tak Penuhi 15 Persen Bakal Calon Langsung Gugur

Tak Penuhi 15 Persen Bakal Calon Langsung Gugur

KOTAMOBAGU — Berbicara soal aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu akan bertindak tegas terhadap bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang tidak memenuhi syarat dukungan 15 persen dari partai pengusungnya. Pasangan calon itu akan langsung digugurkan saat mendaftar dan tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya.

“Syarat dukungan 15 persen suara mutlak harus ada saat pendaftaran. Kami tidak akan memberi kesempatan untuk memenuhinya setelah pendaftaran. Jika tidak tegas akan menimbulkan konsekwensi yang buruk ke depan,” kata Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Kurniawan.

Syarat partai politik atau gabungan partai untuk bisa mengusung pasangan calon adalah minimal memiliki 15 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Untuk ukuran Kotamobagu, partai atau gabungan partai harus mempunyai minimal empat kursi karena total kursi di lembaga legislatif tersebut sebanyak 25 kursi.

Syarat tersebut hanya bisa dipenuhi oleh Partai Golkar dan PAN. Golkar memiliki lima kursi, sedangkan PAN memiliki empat kursi. Artinya, partai lainya harus berkoalisi atau bergabung agar bisa memenuhi minimal empat kursi. Ambil contoh, PDIP yang memilih berkoalisi dengan Golkar karena hanya memiliki tiga kursi.

Nayodo mengatakan, setelah terpenuhi 15 persen suara atau kursi terpenuhi, KPU akan memerivikasi keabsahan dukungan tersebut. “Termasuk beberapa persayaratan lainya apakah memang mereka nantinya bisa menjadi pasangan calon wali kota dan wakil walikota atau tidak,” tegas Nayodo.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply