Tahapan Pilwako Dimulai

JAKARTA – Tiga komisioner KPU Kota Kotamobagu; Nova Tamon, Asep Sabar, Aditya Tegela dan Ketua yang juga Korwil Kotamobagu dari KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan, sukses menyampaikan laporan NPHD Pilkada Kotamobagu ke KPU RI, Kamis (15/06/17) lalu.
Menurut Nova laporan tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan yang sama di KPU Sulut. Intinya bahwa KPU Kotamobagu sudah siap dengan gelaran pilkada serentak 2018. “Sekarang beda dengan sebelumnya, dimana dulu KPU penyelenggara diberikan hak otonom penuh melaksanakan pemilihan tanpa harus laporan, tapi sekarang wajib. Karena KPU sebagaimana UU adalah berjenjang yang sifatnya hierarkis.”
Yessy Momongan kepada media ini menjelaskan KPU Sulut mendukung penuh seluruh kegiatan yang sudah diagendakan KPU di enam kabko penyelenggara pilkada se-Sukut. Meski demikian koordinasi tetap harus diprioritaskan agar jika terjadi persoalan bisa saling melengkapi.
“KPU Sulut yakin KPU enam kabko bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Karena itu harus dikawal benar-benar pelaksanaanya.”
Dibagian lain, Asep menambahkan bahwa meski kegiatan sudah dirancanang KPU Kotamobagu tetap harus mengikuti tahapan yang sudah ditetapkan KPU RI.
“KPU RI sudah menetapkan empat PKPU. Ini yang jadi pegangan kita untuk suksesnya Pilwako di Kota Kkotamobagu.” (**)