Home / Berita / Tahapan Pemilu & Pilkada Berbarengan

Tahapan Pemilu & Pilkada Berbarengan

KOTAMOBAGU – “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Begitulah kira-kira pepatah pas yang tengah dijalani KPU Kota Kotamobagu saat ini.
Betapa tidak, ketika tahapan Pilkada 2018 sudah memasuki proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih dan verifikasi faktual (verfak) dukungan tambahan bagi bakal pasangan calon (bapaslon) jalur perseorangan, KPU KK juga dituntut untuk menyelesaikan tahapan verfak partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 sebagai tindaklanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
“Ini sudah menjadi konsekuensi kami sebagai penyelenggara pemilihan. Alhamdulillah, kami bisa laksanakan dengan baik, meski waktunya berbarengan,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu di ruang kerjanya, Rabu (31/01/18).
Menurut Asep, kami membagi-bagi waktu melakukan verfak dan supervisi bagi dukungan tambahan bapaslon perseorangan. “Verfak terhadap parpol-parpol kami lakukan pagi hingga sore dan supervisi serta monitoring verfak dan coklit dilakukan pada malam hari. Ini untuk mengefektifkan waktu yang ada,” jelas Asep.
Asep menambahkan, waktu verfak parpol calon peserta Pemilu 2019 hanya sampai hari Kamis (01/01/18) besok, verfak dukungan tambahan bapaslon perseorangan hingga hari Senin (05/02/18). Sedangkan coklit daftar pemilih hingga hari Minggu (18/02/18) mendatang.
“Semuanya sudah memang sudah kami rencanakan dan jalankan dengan baik, meski di kantor kami (Komisioner KPU Kota Kotamobagu, red) juga harus ekstra secara bergantian menerima dan melayani kedatangan warga Kota Kotamobagu yang berkeinginan menarik surat keterangan dukungan (B.1 KWK) terhadap bapaslon perseorangan.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …