Home / Berita / Tahanan Polres Milih di TPS Rutan

Tahanan Polres Milih di TPS Rutan

KOTAMOBAGU – Sekitar 10 orang tahanan Polres Bolmong dipastikan akan mencoblos Pilgub Sulut 2015 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rumah Tahanan (Rutan) Kotamobagu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPU se-Bomong Raya terkait dengan warganya yang menjalani masa tahanan di Rutan Kotamobagu,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi dan humas, Selasa (01/12/15).

Asep menambahkan bahwa Rutan Kotamobagu hingga kini masih dihuni oleh warga dari Bolmong Raya. “Karena itu agar hak konstitusi mereka tetap terjamin maka dipersilakan untuk memilih di rutan, karena di sana ada TPS tersendiri.”

Konfirmasi yang disampaikan oleh Isnaidin Mamonto, Komisioner KPU Bolmong, mengaku pihaknya sudah mempersiapkan A5 agar penghuni Rutan yang berasal dari Bolmong bisa memilih pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

“Kami sudah berkirim surat ke pihak Rutan dan tinggal meminta nama-nama penghuni asal Bolmong, setelah itu kami akan membuatkan A5,” tegasnya.

Namun yang perlu diketahui bahwa penggunaan A5 atau keterangan pindah memilih tersebut hanya berlaku bagi mereka yang sudah terdaftar di daftar pemilih asalnya.

“Jadi mereka yang tidak terdaftar sama sekali di daftar pemilih akan dilayani pada saat pemungutan suara sambil membawa identitas. Mereka masuk di daftar pemilih tambahan (DPTb-2),” tegas Asep.

Sementara itu, informasi yang diperoleh media ini, beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak Selasa ini sudah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara kepada para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Bimtek ini dianggap penting agar KPPS memahami benar tugasnya di TPS nanti. Karena itu bimteknya dilakukan berjenjang,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara saat memantau bimtek di Kecamatan Kotamobagu Utara. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply