Home / Berita / Surat Suara Pilwako Mulai Dicetak

Surat Suara Pilwako Mulai Dicetak

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mulai mencetak surat suara yang akan digunakan untuk Pilkada 24 Juni 2013. Jumlah surat suara yang dicetak sesuai daftar pemilih tetap (DPT), yakni 87.008 jiwa, ditambah 2,5 persen untuk cadangan. Sehingga, total surat suara yang dicetak sebanyak 89.184 lembar.
Komisioner KPU Kotamobagu Meyti Mokoginta mengatakan surat suara dicetak, Kamis (13/6) ini di Manado, oleh salah satu perusahaan pemenang tender. Proses pencetakan salah satu logistik pemilukada ini sendiri mendapat pengawasan ketat dari pihak kepolisian dan KPU Kotamobagu. “Mengenai pengawasan produksi, dipantau dan diawasi oleh kepolisian dan KPU sendiri,” ujar Meyti, kemarin.

Selain itu, proses pencetakan surat suara tersebut juga telah mendapat persetujuan dari empat pasangan calon walikota dan wakil walikota Kotamobagu tentang contoh surat suara yang akan dibuat KPU setempat. Dalam surat suara yang akan dicetak, empat pasangan mengenakan pakaian yang menjadi ikon masing-masing. Pasangan nomor urut satu yang diusung PAN, Tatong Bara-Jainuddin Damopolii (TB-JaDi) mengenakan jas hitam dipadu warna biru.

Pasangan nomor urut 2 yang diusung PBB, PPRN dan PDP Nurdin Makalalag-Sahat Robert Siagian (BeNaR) mengenakan kemeja berwarna hijau. Pasangan nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar dan PDI-P, Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (DjelaS) mengenakan kemeja kotak-kotak ala Jokowi dipadu warna kuning. Pasangan nomor urut 4 yang diusung Partai Demokrat, PKB dan PKS, Muhammad Salim Landjar-Ishak Sugeha (LarIs) tetap dengan kemeja berwarna putih.

Meyti menambahkan, pihak KPU akan melakukan penyortiran surat suara tersebut setelah selesai dicetak. Penyortiran dilakukan oleh petugas KPU dengan melibatkan sejumlah tenaga yang telah ditetapkan. “Penyortiran harus dilakukan guna memastikan adanya surat suara yang rusak ataupun tidak. Hal tersebut penting agar tidak menimbulkan persoalan ataupun gugatan saat pelaksanaan pemungutan suara pada 24 Juni 2013 mendatang,” kata dia menandaskan.

Sementara itu hasil pantauan di kantor KPU Kotamobagu kemarin, sejumlah staf KPU sudah mulai menyiapkan logistik lainnya. Diantaranya, bantalan pencoblosan, karet pengikat surat suara, lem perekat, kantong plastik transparan dan warna hitam, balpoin, spidol, gembok dan anak kunci, paku dan benang sebagai alat pencoblos, pemasangan dan pembongkaran kotak dan bilik suara, dan buku-buku panduan untuk KPPS dan PPS.

Sekretaris KPU Kotamobagu Agung Adati menambahkan, tambahan logistik ini sebagian mulai didistribusikan ke desa/kelurahan yang ada di Kotamobagu.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply