Home / Berita / Sukseskan Pemilu Juga Ibadah

Sukseskan Pemilu Juga Ibadah

KOTAMOBAGU – Sarasehan sekaligus sosialisasi pemilihan umum (pemilu) yang dibawakan dalam bahasa daerah jarang terjadi.

Tapi kali ini KPU RI melaksanakannya di Bilalang Bersatu yang dikenal sebagai daerah adat di Sulawesi Utara. “Sosialisasi ini diharapkan masyarakat tak hanya sekadar datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya saja, tetapi yang paling penting adalah bagaimana mereka dapat memaknai secara mendalam alasan dari mereka datang ke TPS,” kata Asep Hanan, Kasubag Partisipasi Masyarakat, Teknis dan Humas KPU RI.

Menurut Asep, tugas penyelenggara dari level pusat hingga daerah memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa partisipasinya dalam pemilu menentukan nasib bangsa ke depan. “Sebab kualitas penyelenggaraan negara ditentukan oleh kualitas para pemimpin yang dipilih oleh masyarakat lewat pemilu.”

Senada dengan Asep, Ketua KPU Sulawesi Utara, Yessy Momongan, berharap bantuan dan konstribusi semua pihak baik penyelenggara maupun peserta pemilu untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam penyelenggaraan pemilu presiden dan wakil presiden 9 Juli mendatang.

“Apalagi pelaksanaan pilpres mendatang bertepatan dengan bulan puasa. Jadi amal ibadah kita akan bertambah bila kita mensukseskan pemilu presiden.”

Dalam kesempatan itu Yessy juga berharap kepada KPU Kotamobagu dan Bolmong untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam pilpres dan sama-sama menciptakan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. “Kita buktikan bahwa kita semua mampu menghadirkan pemilu yang aman, damai, lancar dan berkualitas,” kata Yessy.

Sessi menarik pada acara sarasegan sekaligus sosialisasi yang dilakukan Rabu (25/06/14) adalah ketika Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, memberikan materi dalam bahasa daerah Mongondow. Menurut dia dalam bahasa daerah, tugas penyelenggara adalah untuk mendorong partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, sambil terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat.

“Karena itu diharapkan bagi yang belum terdaftar dipersilakan untuk mendaftarkan diri. Bagi yang sudah terdaftar segera menentukan pilihan siapa presiden dan wakil presiden yang akan dipilih nanti. Yang pasti yang sesuai dengan hati nurani,” kata Nayodo.

Acara yang berlangsung dua jam itu pun diakhiri kuis berhadiah menarik seperti kaos, boneka Kora, dan topi yang dipandu langsung Asep Hanan. “Hadiah-hadiah ini sengaja kami bawa dari Jakarta untuk warga yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para pemateri.”

Hadir pada acara itu empat komisioner KPU Kotamobagu; Nova Tamon, Asep Sabar, Iwan Manoppo, dan Aditya Tegela. Kemudian tiga komisioner KPU Bolmong; Fahmi Gobel, Rully Halaa dan Deandels Sombowadile. Tak ketinggalan para camat, sekretaris camat dan kepala desa se-Bilalang Bersatu serta ratusan warga Bilalang Bersatu yang dikenal memiliki ciri khas ‘rambut pirang’.(**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply