Home / Berita / Strategi KPU KK Sukseskan RPP

Strategi KPU KK Sukseskan RPP

KOTAMOBAGU – Meski kantornya masih berstatus pinjaman, namun demi mensukseskan pilot project Rumah Pintar Pemilu (RPP), KPU Kotamobagu punya strategi tersendiri.
Salah satu bangunan yang ada di depan Kantor KPU Kotamobagu di eks Kantor Bupati Bolaang Mongondow, akan disulap menjadi RPP. “Ini amanah yang sudah diberikan KPU RI kepada KPU Kotamobagu, karena itu harus dilaksanakan dan dibuat sebagus mungkin,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, Rabu (15/03/17) di kantornya.
Sebagaimana diketahui, RPP yang dikerjakan KPU Kotamobagu saat ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Ketua KPU Nomor 54/KPU/I/2017 tanggal 16 Januari 2017.
“Berdasarkan petunjuk teknis program dan kegiatan daftar isian pelaksanaan anggaran tahun 2017, ada empat klasifikasi ruangan yang perlu disiapkan terkait pembentukan pusat pendidikan pemilih atau rumah pintar pemilu (RPP), yaitu ruang audio visual, ruang display, ruang simulasi dan ruang diskusi,” jelas Iwan Manoppo, Komisioner KPU Kotamobagu yang juga penanggungjawab RPP di daerah ini.
KPU Kotamobagu sendiri, lanjut Iwan, sudah membahas pengaturan ruang yang digunakan untuk RPP. “Dari hasil rapat disepakati ruang audio visual disiapkan dengan fungsi ganda sebagai ruang diskusi, sedangkan untuk ruang simulasi kami tidak menyiapkan ruang khusus tapi memanfaatkan yang ada.”
Di bagian lain, Sekretaris KPU Kotamobagu, Frans Manoppo, menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan anggota KPU Kotamobagu bahwa pihaknya akan mengutamakan memaksimalkan fungsi ruang yang sudah ada. “Jadi, tinggal dilengkapi dengan rak atau lemari display sebagai wadah bahan atau alat peraga pemilu seperti contoh surat suara, formulir dan sebagainya serta maket atau diorama di tempat pemungutan suara (TPS).”
Selanjutnya, bila semua sudah rampung RPP akan diresmikan penggunaannya oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara.
“Kami juga sudah membahas soal optimalisasi RPP. Karena perlu juga dilakukan fasilitasi, baik dalam bentuk penerimaan kunjungan, maupun kegiatan pendidikan pemilih yang menjangkau masyarakat secara langsung. Apalagi kita akan menggelar Pilwako 2018,” pungkas Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …