Home / Berita / Sosialisasi Warga Disabilitas

Sosialisasi Warga Disabilitas

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019, Selasa (12/02/2019).
Sosialisasi dilaksanakan di hadapan puluhan siswa pemilih pemula penyandang disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Poyowa Besar. Baik yang duduk di bangku SMA maupun SMP mengikuti sosialisasi ini.
Siswa SMP yang ikut sosialisasi ini sudah berusia 20 hingga 21 tahun Komisioner KPU ditemani guru-guru memberikan sosialisasi.
Guru memberikan bahasa isyarat. Para siswa pun tampak serius memperhatikan gerakan mulut dan tangan gurunya yang menerjemahkan apa yang disampaikan Komisioner KPU.
Praktek pencoblosan juga disampaikan pada sosialisasi ini.
Zulkifli Kadengkang, Komisioner KPU Kotamobagu mengatakan sempat kaget ketika melihat ada siswa SMP yang ikut.
“Awalnya kaget, namun setelah diberitahukan oleh guru-guru barulah kami tahu. Dan bahkan ada yang sudah pernah memilih pada Pemilu Wali Kota Kotamobagu Tahun Lalu,” ujar dia.
Kepala Sekolah SLB Negeri Poyowa Besar Ria Risnawati Mokoagow berterima kasih kepada KPU atas sosialisasinya.
Namun Ria mengatakan pihak sekolah sangat membutuhkan alat peraga untuk mempermudah guru mensosialisasikan setiap hari tentang tata cara pencoblosan kepada 30 penyandang disabilitas yang wajib pilih.
“Meskipun sudah ada sosialisasi dari KPU, namun kami masih sangat membutuhkan alat peraga agar kami bisa membantu KPU dalam mensosialisasikan lebih dekat dengan siswa sehingga mereka tidak bingung lagi untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS,” ujar dia. (dik)

Sumber: www.manado.tribunnews.com

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …