Sosialisasi Tiga Segmen

Sosialisasi Tiga Segmen

KOTAMOBAGU – Pemilu Serentak 2019 tinggal beberapa bulan lagi, KPU Kota Kotamobagu terus gencar melakukan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat.
Kali ini Sosisalisasi menyasar kepada masyarakat. Sosialisasi yang digelar di halaman kantor KPU Kota Kotamobagu pada tanggal 22 Desember 2018 itu menghadirkan tiga segmen yakni pemilih pemula, perempuan dan disabilitas. Kegiatan tersebut dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan juga sarana pendidikan politik khususnya bagi pemilih pemula.
Anggota KPU Kota Kotamobagu Zulkifli Kadengkang yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat yang juga narasumber dalam kegiatan dimaksud mengatakan bahwa, sosialisasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan juga merupakan pendidikan pemilih untuk masyarakat khususnya pemilih pemula.
“Sosialisasi ini adalah salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan juga media pembelajaran bagi masyarakat tentang Pemilu dan mengetahui aturan-aturan tentang pelaksanaan Pemilu serentak yang baru akan dilaksanakan pada pemilu kali ini serta pentingnya peran dari masyarakat,” pungkas Zulkifli.
Dirinya berharap, agar para peserta pendidikan pemilih yang ada bisa menjadi agen-agen penyambung informasi kepada masyarakat minimal dalam lingkungan keluarga.
Sementara itu, Asep Sabar menyampaikan materi tentang cara mencoblos dan juga mensosialisasikan dummy surat suara Pemilu 2019.
Kepada peserta, Asep juga memperkenalkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Partai Politik yang menjadi peserta pemilu baik ditingkat pusat, provinsi maupun di Kota Kotamobagu.
Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang aturan dalam penyelenggaran Pemilu agar masyarakat mengetahui dan paham akan adanya larangan yang berdampak hukum bagi masyarakat.
Kegiatan dimaksud dibuka oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu Iwan H. Manoppo, yang dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kotamobagu Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang dan Adrian Herdi Dayoh serta pemateri tamu yakni Wahyudin Ukoli yang juga pegiat pemilu Sulawesi Utara. (***)