Home / Berita / Sosialisasi Hari H Pilwako

Sosialisasi Hari H Pilwako

KOTAMOBAGU – Memanfaatkan gelaran Road Race yang digelar IMI Sulawesi Utara dan Pemkot Kota Kotamobagu, KPU Kota Kotamobagu berkesempatan menyebarkan brosur terkait hari H dan tanggal pemungutan suara Pilkada Serentak atau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu Tahun 2018.
“Penonton yang menyaksikan adu kecepatan atau balapan motor tersebut cukup banyak dan rata-rata adalah kaum muda. Mereka menyebar di sepanjang Paloko Kinalang (Jalur Dua) lokasi Road Race selama tiga hari; Jumat hingga Minggu pekan kemarin,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu, yang dihubungi media ini Selasa (25/07/17) pagi.
Menurut Asep, KPU Kota Kotamobagu ke depan akan memanfaatkan event-event apa saja, apalagi kalau menghadirkan ribuan warga, terutama mereka yang sudah masuk usia pemilih. “Termasuk pula pertandingan-pertandingan sepakbola yang saat ini sedang digelar di berbagai kelurahan/desa.”
“Sosialisasi ini sangat penting dan harus terus dilakukan agar masyarakat tahu kapan dilaksanakannya pemungutan suara Pilwako 2018. Sebab, pengalaman yang pernah terjadi tidak sedikit masyarakat yang tidak tahu kapan hari H pemilihan, dampaknya pada tingkat partisipasi tentunya,” jelas Asep.
Sebelumnya, Ketua KPU Kota Kotamobagu; Nayodo Koerniawan menjelaskan bahwa persoalan sosialisasi kepada masyarakat itu tidak perlu menunggu kapan waktunya, tapi bisa memanfaatkan kegatan apa saja, termasuk pesta perkawinan dan lain-lain. “Ini penting agar masyarakat bisa mengetahui dengan jelas hari H pilwako Kota Kotamobagu 2018, sehingga mereka akan me-ngecek keberadaan namanya di daftar pemilih apakah sudah terdaftar atau belum.”
Nah, bagi wajib pilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih, masih kata Nayodo, dipersilakan untuk mengurus KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kotamobagu. “Karena pada hari H pilwako nanti hanya yang memiliki KTP Elektronik dan berdomisili di Kota Kotamobagu yang akan dilayani.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …