Home / Berita / Sosialisasi for Masyarakat Adat

Sosialisasi for Masyarakat Adat

KOTAMOBAGU – Selain kepada masyarakat umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memprogramkan sosialisasi pemilihan umum (pemilu) kepada masyarakat adat terpencil, salah satu diantaranya adalah di  Bilalang Bersatu.

“Kegiatan ini adalah program pusat, kami hanya memfasilitasi segala sesuatunya di lokasi,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu di ruang kerjanga, Selasa (24/06/14).

Mengapa dipilih Bilalang? Menurut Nayodo pilihan tersebut semuanya dilakukan oleh KPU RI. “Sebagaimana diketahui Bilalang terdiri dari empat desa, Bilalang I dan II berada di wilayah Kotamobagu dan Bilalang III dan IV wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow. Pilihan mengapa Bilalang, hanya KPU RI yang tahu,” jelas Nayodo kepada media.

Sementara itu, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi hubmas dan informasi, Asep Sabar, menambahkan bahwa sosialisasi tersebut nantinya dilakukan dalam bahasa daerah. “Informasi yang kami peroleh sebagian besar warga Bilalang Bersatu memang sangat mempertahankan tradisi dan bahasa daerah mereka. Untuk itu semua penjelasan dan teknik pemungutan suara akan dilakukan dalam bahasa daerah Mongondow,” jelas Asep.

Acaranya sendiri, lanjut Asep, akan dilakukan pada Rabu (25/06/14) di pusatkan di Desa Bilalang III. “Yang hadir dan menjadi pemateri adalah Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan, staf KPU RI dari Biro Sosialisasi, Asep Harun, dan Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan. Sosialisasi tersebut akan dipandu langsung oleh Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu,” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply