Home / Berita / Senin, Penetapan Caleg Terpilih

Senin, Penetapan Caleg Terpilih

KOTAMOBAGU – Setelah menggelar pleno rekapitulasi suara partai politik hasil pemilu legislatif 20 April lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan calon terpilih yang berhak menduduki kursi DPRD Kotamobagu Periode 2014-2019, Senin (12/05/14).

Muda-mudahan tidak ada halangan berarti, kami akan menggelar sidang pleno terbuka penetapan caleg terpilih pemilu legislatif 2014,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, di ruang kerjanya, Minggu (11/05/14).

Acara tersebtu, kata Nayodo aan dihadiri oleh seluruh partai politik peserta pemilu 2014. “Undangannya sudah beredar sejak beberapa hari lalu.”

Sayangnya Nayodo tak bisa berkomentar ketika ditanyakan siapa-siapa saja yang lolos dan ditetapkan sebagai caleg terpilih pada pemilu legislatif 2014. “Tak elok rasanya kalau saya mendahului. Insya Allah semuanya akan disampaikan pada rapat pleno besok dan disaksikan seluruh partai peserta pemilu serta panitia pengawas pemilu (panwaslu).”

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 yang pasalnya sudah banyak yang diuji di Mahkamah Konstitusi (MK), untuk calon terpilih DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota, tidak memakai ketentuan ambang batas parlemen sebagaimana DPR RI. Mekanisme penetapan kursi untuk anggota DPRD, dihitung melalui perolehan suara sah pada daerah pemilihan (dapil) yang diperebutkan.

Partai yang mendapat suara sama atau lebih dari bilangan pembagi itu otomatis mendapatkan kursi. “Apabila penetapan tahap pertama kursi belum habis terbagi, maka ditetapkan pada tahap kedua. Hasilnya diberikan partai politik yang memiliki sisa suara pertama, kedua atau ketiga (kursi),” jelas Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan.

Acara pleno penetapan calon besok, sebagaimana tertara di undangan, akan dilaksanakan di gedung DPRD Kotamobagu. “Acaranya siang, pukul 14.00 wita,” pungkas Agung Adati, Sekretaris KPU Kotamobagu kepada beberapa wartawan. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply