Home / Berita / Senin, KPU Umumkan Media Mitra

Senin, KPU Umumkan Media Mitra

KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu dipastikan akan segera mengumumkan 41 media mitra dalam rangka Pilkada Serentak (Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota) Kota Kotamobagu Tahun 2018.
Ke-41 media tersebut terdiri dari 15 media cetak, 25 media siber (internet) dan 1 radio. “Penentuan media-media mana saja yang dianggap layak untuk diajak kerjasama melalui proses yang sangat panjang, bahkan sampai harus berkonsultasi ke Dewan Pers di Jakarta,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang diserahi tugas menetapkan dan menentukan kriteria serta persyaratan media.
Untuk menentukan media mitra KPU Kota Kotamobagu, lanjut Asep, pihaknya tidak memutuskan sendiri, melainkan ada tim verifikasi yang dibentuk oleh KPU Kota Kotamobagu.
“Tim verifikasinya diketuai oleh Iwan Manoppo, komisioner yang membidangi kehumasan dan publikasi. Sekretaris Frans Manoppo dan komisioner lain sebagai anggota tim. Tim ini menguji dokumen-dokumen yang dimasukkan ke KPU Kota Kotamobagu sejak akhir 2016 silam,” jelas Asep kepada media ini, Sabtu (21/10/17).
Asep mencatat berkas penawaran media yang diajukan ke KPU Kota Kotamobagu hampir mencapai 50 dokumen. “Hampir semuanya diakomodir dan tidak ada yang ditolak.”
Hanya saja, masih kata Asep, berdasarkan hasil konsultasi dengan Dewan Pers untuk kriteria harus media yang terdaftar di Dewan Pers ternyata tidak mutlak. Yang terpenting dan menjadi awal persyaratan adalah apakah media yang diajak kerjasama survive atau tidak.
“Ini untuk menghindari jangan sampai ada media abal-abal dan dibuat sesaat, kemudian memasukkan dokumen ke KPU Kota Kotamobagu. Sekarang kan bikin media mudah sekali prosesnya, yang penting punya modal cukup, bisa bikin media.”
Hal berikutnya yang patut dicatat oleh KPU Kota Kotamobagu saat berkonsultasi dengan Dewan Pers adalah terkait program kerjasama antara media dengan pemerintah, termasuk KPU. Menurut Dewan Pers, kata Iwan Manoppo, Ketua Tim Verifikasi yang bertemu langsung dengan Dewan Pers, semuanya terpulang ke pemerintah atau KPU Kota Kotamobagu sebagai user atau pengguna anggaran.
“Dewan Pers hanya menitipkan catatan yakni perhatikan dengan benar keberadaan media dan perusahaannya. Karena banyak terjadi satu perusahaan memiliki banyak media; ada yang dua media, tiga media dan seterusnya. Malah ada media yang perusahaannya pinjam atau perusahaan yang digunakannya bukan perusahaan yang bergerak di bidang media. Ini jelas akan sulit pertanggungjawabannya. Kalau dipaksakan dijadikan mitra resikonya KPU Kota Kotamobagu yang kena TGR,” tegas Iwan.
Yang pasti, masih kata Iwan, media mitranya sudah siap dan tim sekarang tengah menyiapkan bahan-bahan terkait kerjasama, termasuk surat perjanjian kerjasama (MoU.
“Inshaallah jika tidak ada aral melintang Senin lusa akan diumumkan di website KPU Kota Kotamobagu; www.kpu-kotamobagukota.go.id ini.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …