Home / Berita / Sehari, Pleno 4 PPK Tuntas

Sehari, Pleno 4 PPK Tuntas

KOTAMOBAGU – Hanya dalam waktu sehari dari tiga hari yang dijadwalkan, panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kotamobagu berhasil memuntaskan pleno rekapitulasi suara pemilih pilpres 2014, Minggu (13/07/14) kemarin.

Dari data yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kotamobagu, ternyata pemilih yang melaksanakan hak konsitusionelnya sebanyak 65,73 persen saja atau sekirae 58.762 dari jumlah total pemilih sebanyak 89.389. “Intinya dibandingkan dengan pemilihan legislatif (pileg), pilpres mengalami kemerosotan tingkat partisipasi,” kata Asep Sabar, komisioner yang menangani data pemilih kepada beberapa media di ruang kerjanya, Senin 14/07/14).

Asep menambahkan, dari hasil itu berarti sekitar 30.478 warga Kotamobagu tidak melaksanakan hak pilihnya pada tanggal 9 Juli kemarin. “Yang paling mencengangkan adalah membludaknya angka daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) yang menggunakan identitas, yakni 1.039 pemilih dan semuanya menggunakan hak pilihnya,” tambah Asep sambil menunjukkan data hasil rekapannya.

Terkait dengan daftar pemilih khusus (DPK), masih kata Asep, justru terjadi penurunan. “Hasil pleno lalu DPK Kotamobagu sebanyak 41 pemilih, ternyata yang menggunakan hak pilihnya hanya 29 orang,” kata Asep sambil menambahkan untuk selanjutnya KPU Kotamobagu tengah mempersiapkan pleno tingkat kabupaten/kota yang akan digelar Rabu (16/07/14) lusa.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan apa-apa pleno akan kita gelar, karena hari Kamis malam kita sudah harus menuju Manado untuk mengikut Pleno tingkat Provinsi Sulawesi Utara.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply