Saksi Parpol Dilarang Beratribut

KOTAMOBAGU – Waktu pemungutan suara pemilihan legislatif (pileg) 2014 semakin dekat, berbagai persiapan pun dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Aditya Tegela, salah satu komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi pengawasan dan hukum, meminta kepada seluruh partai politik (parpol) untuk menyiapkan saksi-saksinya di tempat pemungutan suara (TPS).

Hanya saja, kata Aditya, sebagaimana ditegaskan pada Peraturan KPU Nomor 5/2014, para saksi parpol tersebut dilarang keras mengenakan atribut, baik itu pakaian: kaos dan kemeja maupuntopi serta lainnya yang terkait dengan parpol.

“PKPU tegas bahwa saksi yang hadir pada pelaksanaan pemnungutan suara dilarang mengenakan atau membawa atribut yang memuat nomor, nama dan symbol atau gambar parpol atau calon tertentu. Jadi mohon diperhatikan oleh mereka yang akan menjadi saksi,” jelas Aditya di ruang kerjanya, Jumat (04/04/14).

Dia menambahkan bahwa para saksi yang direkomendasikan oleh parpol harus disertai dengan surat tugas atau mandate dari pengurus tingkat kabupaten/kota atau kecamatan atau dari anggota dewan perwakilan daerah (DPD atau ketua dan sekretaris tim kampanye kabupaten/kota/provinsi.

“Jumlah saksi sebagaimana PKPU paling banyak dua orang untuk setiap peserta pemilu, dengan ketentuan hanya satu orang yang diperbolehkan berada di dalam TPS dalam waktu tertentu.” (**)

Leave a Reply