Home / Berita / Sah, Tapi Hangus

Sah, Tapi Hangus

KOTAMOBAGU – Model penghitungan hasil pemungutan suara pada pemilihan umum (pemilu) kali ini jauh berbeda dari sebelumnya.

“Yang paling menarik adalah kalau ada kartu suara yang dicoblos dua nama dalam satu partai dianggap sah. Tapi sah itu hanya untuk suara partai, sementara untuk dua caleg yang dicoblos hangus atau tidak sah,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, di ruang kerjanga, Sabtu (01/03/14).

Namun demikian, lanjut Aditya, KPU berharap kepada para pemilih untuk tetap mencoblos satu orang saja, supaya suaranya bermanfaat dan tidak hangus, meski itu tetap masuk ke partai. “Inti dari semua ini KPU memberikan kemudahan kepada para pemilih. Yang penting pemilih bisa memberikan hak suaranya dan jangan sampai golput atau tidak memilih,” ujar Aditya.

Pada pemilu kali ini juga banyak yang berbeda, diantaranya adalah adanya Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTB). “Sebab jika pada pemilu sebelumnya para pemilih yang tidak terdaftar di DPT tidak dapat menggunakan hak suaranya. Tetapi di Pemilu 2014 ini mereka bisa memilih dengan persyaratan terdaftar dalam kategori DPK atau DPKTb,” tambah Aditya.

Teknisnya, pemilih yang belum terdaftar di DPT bisa melapor ke PPS untuk dimasukkan ke DPK. Demikian pula pemilih yang belum terdaftar di DPK, masih memiliki kesempatan memilih. “Mereka bisa datang ke TPS dan menunjukkan identitasnya seperti KTP kepada panitia dan akan dikategorikan sebagai DPKTb. Dengan syarat masih tersedia surat suara,” pungkas Aditya. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply