Sabtu, Sosialisasi Dana Kampanye

KOTAMOBAGU – Jika tidak ada aral melintang, akhir pekan ini akan digelar sosialisasi pelaporan dana kampanye oleh KPU dan Ikatan Akuntan Indonesia Sulawesi Utara.“Peserta yang akan diundang adalah seluruh peserta pemilu, mulai dari partai politik (parpol), calon legislatif (caleg) dan calon senator,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela di ruang kerjanya, Rabu (13/11) kemarin.

Karena itu, kata Aditya, diharapkan kepada semua yang punya kepentingan dengan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) 2014 diharapkan untuk tidak mewakilkan hadir di acara ini. Apalagi nantinya akan dipaparkan teknis pelaporan oleh akuntan yang didatangkan dari Manado,” ujar Aditya.

Sebagaimana diketahui, dalam Peraturan KPU Nomor 17/2013 ditegaskan bahwa parpol tidak bisa mengenyampingkan pelaporan dana kampanye. “Prinsip dana kampanye yang dikeluarkan peserta Pemilu 2014 adalah akuntabilitas dan transparan,” ujar tegas Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu.

Menurut Nayodo, PKPU 17/2013 sangat membutuhkan komitmen peserta Pemilu, baik Caleg maupun anggota DPD RI. “Jika tidak diacuhkan paling lambat 14 hari setelah penghitungan suara, peserta Pemilu 2014 bisa didiskualifikasi. Untuk itu kami ajak peserta Pemilu disiplin terhadap ketentuan,” pungkas Nayodo seraya menambahkan pelaporan dana kampanye tidak saja Parpol, tapi di dalamnya termasuk aliran dana baik penerimaan dan pengeluaran para Calon Legislatif.

Nayodo benar, publik sekarang menilai dana kampanye para Caleg maupun anggota DPD sudah banyak tersebar. Bahkan sudah ada indikasi belum ada tertib adminsitrasi keuangan yang dilakukan Parpol, kalau ini dibiarkan bumerang bagi peserta Pemilu. (**)

Leave a Reply