Home / Berita / RPP Baloi Pololibo’an Diresmikan

RPP Baloi Pololibo’an Diresmikan

KOTAMOBAGU – Sempat tertunda tiga kali, akhirnya rumah pintar pemilu (RPP) “Baloi Pololibo’an” KPU Kotamobagu diresmikan.
Peresmian RPP tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan, STh, MSi, Rabu (10/05/17). Menurut Yessy, keberadaan RPP sangat penting demi mendukung suksesnya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), termasuk pemilihan kepala daerah.
“Persoalan yang sering terjadi selama pelaksanaan pemilu adalah tingkat partisipasi politik masyarakat yang tidak stabli. Karena itu kehadiran RPP bisa menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat tentang apa itu pemilu dan pilkada.”
KPU Provinsi Sulawesi Utara mengaku pihaknya sangat mengapresiasi semangat yang sudah dilakukan KPU Kotamobagu terkait RPP. “Apalagi KPU Kota Kotamobagu dipercaya menjadi salah satu dari enam kabupaten/kota di Sulawesi Utara yang menjadi pilot project pelaksanaan RPP oleh KPU RI,” tegas Yessy yang dalam kunjungan ke Kotamobagu kali ini ditemani Komisioner KPU Sulut lainnya; Zulkifli Golonggom, SPdI, MSi.
Meski demikian, kata Yessy, sebagai Korwil pihaknya juga paham kondisi KPU Kotamobagu setahun terakhir. “Karena itu dengan sudah dilantiknya Sekretaris KPU Kotamobagu yang baru, berbagai kekurangan segera diperbaiki secepatnya, mengingat dalam waktu yang tidak lama lagi KPU Kotamobagu akan menyelenggarakan Pilkada Serentak atau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu Tahun 2018.”
Sementara itu, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, dalam sambutan pengantarnya mengatakan informasi seputar pemilu maupun pilkada khususnya di Kotamobagu kini akan lebih mudah diakses oleh masyarakat dengan sudah diresmikannya RPP “Baloi Pololibo’an”.
“Baloi Pololibo’an yang berarti rumah tempat bertanya ini nantinya multi fungsi, selain sebagai media center, pusat informasi publik, juga sebagai pusat pendidikan pemilih. RPP ini juga terbuka untuk umum.
“Tujuan RPP secara umum sebagaimana sudah disampaikan Ketua KPU Sulut, adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan sebagai pusat informasi kepemiluan. Juga untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, memperkenalkan nilai-nilai demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, serta menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi kepada semua segmen masyarakat.”
Komisioner KPU Kotamobagu yang juga penanggungjawab RPP, Iwan Manoppo, menambahkan di RPP pengunjung bisa melihat konten-konten, seperti perjalanan sejarah kepemiluan melalui tayangan audio visual. Termasuk nanti setelah masuk pada tahapan Pilwako Kotamobagu, semua informasi yang harus diketahui masyarakat akan kami tampilkan di RPP.”
Sebagaimana diketahui, RPP yang merupakan program prioritas KPU RI di tahun 2017 diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi, makanya RPP KPU Kotamobagu didesain ada ruang pameran, ruang simulasi dan ruang diskusi.
Pentingnya pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran politik masyakarat akan arti pentingnya pemilu sebagai perwujudan proses kedaulatan rakyat dalam memilih wakil rakyat dan kepala pemerintahan baik di tingkat pusat maupun di daerah.
Hanya saja, karena tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwako) Kotamobagu tahun 2018 hingga kini belum ada, maka RPP yang ditampilkan kali ini lebih berkaitan dengan hal-hal yang sudah dilaksanakan sebelumnya, seperti Pileg dan Pilpres 2014 dan Pilgub 2015.
Hadir pada acara peresmian selain seluruh Komisioner KPU Kotamobagu; Nayodo Koerniawan, Iwan Manoppo, Asep Sabar, Nova Tamon dan Aditya Tegela, juga Sekretaris KPU Kotamobagu, Frans TA Manoppo, beserta puluhan siswa SMA se-Kota Kotamobagu. Para siswa berharap RPP ini kelak bisa menjadi wahana menambah ilmu terkait dengan pelajaran ketatanegaraan di sekolahnya. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …