Home / Berita / Relasi Siap Dikukuhkan

Relasi Siap Dikukuhkan

KOTAMOBAGU – Relawan demokrasi (Relasi) Kotamobagu dalam waktu dekat ini akan segera dikukuhkan.
Penegasan itu disampaikan langsung Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Pemula dan Pengembangan SDM KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo, Kamis (7/11) kemarin.
“Jumlah Relasi Kotamobagu sebanyak 15 orang yang terdiri dari berbagai elemen, mulai dari perempuan, tokoh agama, dan masyarakat pinggiran. Sebagian sudah memasukkan bio data mereka langsung ke saya,” kata Iwan sambil menambahkan bila semua data sudah lengkap sebanyak 15 orang, maka relasi akan segera dikukuhkan.
Relasi itu sendiri, lanjut Iwan, dibentuk dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih menghadapi Pemilu 2014. Keberadaan relasi menjadi mitra KPU dilapangan. “Pendaftaran sudah kami berjalan sejak dua pecan lalu,” ujar Iwan.
Menurut Iwan, perekrutan Relasi tersebut menindaklanjuti tentang Surat Edaran (SE) KPU Nomor: 609/kpu/IX/2013 tentang Penyampaian Petunjuk Pelaksanaan Program Relawan Demokrasi Pemilu 2014. “Sebagaimana edaran tersebut Relasi harus melibatkan lima segmen pemilih strategis, yakni pemilih pemula, kelompok perempuan, penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, kelompok keagamaan, dan kelompok pinggiran. Segmentasi ini dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU.”
Tugas Relasi, masih kata Iwan, selama empat bulan, mulai dari Januari hingga April 2014. “Pertanggungjawaban Relasi langsung kepada KPU, karena KPU yang mengangkat dan mengukuhkannya. (dh/kk)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply