Home / Berita / Relasi Siap Dikukuhkan

Relasi Siap Dikukuhkan

KOTAMOBAGU – Relawan Demokrasi (Relasi) yang merupakan mitra kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), akan segera dikukuhkan.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Pemula dan SDM KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo, acara ini sebenarnya sudah direncanakan sejak Oktober lalu, namun baru direalisasikan minggu ini. “Untuk Relasi sepertinya Kotamobagu yang paling siap. Kami juga sudah melakukan tahapan-tahapan seperti pengumuman, pemeriksaan berkas calon sampai pada wawancara,” kata Iwan di ruang kerjanya, Kamis (19/12) kemarin.

Kepada koran ini Iwan menambahkan bahwa tujuan dan sasaran relasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih serta kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota tahun 2014. “Relasi adalah mitra KPU sekaligus sebagai agen sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2014. Relasi terdiri dari 5 segmen, yaitu: Pemilih Pemula, Kelompok Agama, Kelompok Perempuan, Penyandang Disabilitas dan Kelompok Pinggiran. Setiap segmen terdiri dari 5 anggota, sehingga total anggota Relasi Kotamobagu sebanyak 15 orang,” jelas Iwan.

Masih kata Iwan, jumlah Pendaftar yang mengambil formulir mencapai 50-an orang, namun peserta yang mengembalikan formulir hanya beberapa puluh saja, lainnya langsung dinyatakan lulus berkas.“Saya Berharap, para Relawan Demokrasi bisa menjaga Kode Etik dengan baik,” jelas Iwan sambil menginformasikan bahwa pada Jumat (20/12) hari ini akan dilakukam bimbingan teknis (bimtek) Relasi.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply