Home / Berita / Relasi Pemilu Dikukuhkan

Relasi Pemilu Dikukuhkan

KOTAMOBAGU – Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) resmi dikukuhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu dalam rangka Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Pengukuhan Relasi tersebut dilaksanakan pada, Selasa (29/1) di aula kantor KPU Kota Kotamobagu. Pengukuhan ini sekaligus dirangkaikan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Relasi.
Pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Kotamobagu. Berdasarkan surat keputusan tersebut, KPU mengangkat 55 (lima puluh lima) relawan demokrasi se- Kota Kotamobagu.
Setelah pengukuhan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Iwan Manoppo. Iwan Manoppo memperkenalkan 4 (empat) Anggota KPU dan menjelaskan secara singkat mengenai divisi yang diemban oleh ke-4 (empat) Anggota KPU tersebut.
Iwan Manoppo memberikan pemahaman tentang pelaksanaan kegiatan dilapangan. Agar nantinya para Relasi dalam melakukan sosialisasi kesasaran berpegang teguh pada aturan.
“Dalam melakukan sosialisasi harus berpegang pada aturan agar tidak salah. Dan juga, dalam sosialisasi hindari gerakan yang berkesan ada simbol-simbol peserta pemilu tertentu. Ingat, kalian sudah merupakan bagian keluarga dari penyelenggara pemilu, jadi integritas dan netralitas itu yang dikedepankan,” tutur Iwan Manoppo.
Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Zulkifli Kadengkang menekankan, agar para Relasi dalam melakukan sosialisasi harus mengusai teknik berkomunikasi yang baik dan benar. Selain itu, harus bersikap independen, imparsial dan nonpartisan terhadap peserta pemilu.
“Relasi harus tau cara berkomunikasi yang baik. Sebab, walaupun kalian menguasai aturan dan materi dalam sosialisasi tetapi tidak menguasai teknik berkomunikasi maka, bisa saja pesan yang disampaikan tidak dapat diterima oleh sasaran,” ujar Zulkifli.
Selanjutnya, Zulkifli menjelaskan bahwa jika demokrasi atau pemilu ini berjalan sukses, maka salah satu elemen yang berkontribusi besar adalah Relasi.
”Relasi wajib merubah pola pikir masyarakat bahwa mencoblos itu mudah. Selain itu, relasi harus mensosialisasikan 5 (lima) jenis surat suara dan memberi penjelasan mengenai tata cara mencoblos yang benar. Karena masih banyak masyarakat yang belum paham,” Jelas Zulkifli.
Dirinya menambahkan, agar Relasi harus mempunyai konsep untuk menyebarluaskan informasi tentang Pemilu. Karena salah satu indikator suksesnya pemilu dilihat dari meningkatnya partisipasi pemilih.
Diketahui, para Relasi mendapatkan materi tentang tujuan program relasi, 11 (sebelas) basis pemilih, dan mekanisme kerja relasi, teknik komunikasi, demokrasi dan pemilu, tata cara mencoblos, pengenalan peserta pemilu dan lain-lain. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …