Rektor Larang UDK Golput

KOTAMOBAGU – Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) melarang mahasiswanya untuk golput pada Pemilu 2014.

“Memang golongan putih (golput) itu tidak dilarang, tapi sangat disayangkan kalau mahasiswa yang notabenenya sebagai agen berubahan dan penegak demokrasi tidak menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemilihan umum,” tegas Rektor UDK, Dr Ir Umar Paputungan, MSc, saat sosialisasi pemilu oleh KPU Kotamobagu, Sabtu (22/02/14).

Bahkan berkali-kali Umar mengatakan soal “say no to Golput” saat memberikan sambutan pada acara “KPU Goes to campus” tersebut. Katanya, mahasiswa harus jadi agen terdepan untuk mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat, dimanapun. “Sebagai orang terdidik mahasiswa harus mampu memberikan ajakan kepada masyarakat untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat.”

Sebelumnya KPU Kotamobagu yang tampil full team sempat memberikan sosialisasi terkait kesiapan pemilu di Kotamobagu. Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan bersama Ketua Divisi Sosialisasi, Iwan Manoppo secara bergantian memberikan materi dan Tanya jawab seputar pemilu.

“Intinya demokrasi bisa tumbuh dan berkembang bila ada partisipasi rakyat, karena demokrasi itu sendiri adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” kata Iwan.

Sedangkan Ketua KPU Nayodo Koerniawan mengharapkan kepada seluruh civitas akademika UDK untuk melakukan cek kembali ke desa atau kelurahan terkait daftar pemilih. “Mumpung masih ada waktu diharapkan kepada semua untuk menge-cek kembali apakah namanya sudah terdaftar di daftar pemilih atau belum. Kalau belum, bisa langsung lapor ke PPS untuk dimasukkan ke daftar pemilih khusus (DPK) dengan membawa kartu identitas. KPU memberikan seluas-luasnya kesempatan kepada wajib pemilih untuk menyalurkan hak-hak politiknya di Pemilu.”

Hadir pada acara tersebut komisioner KPU Kotamobagu lainnya yakni Asep Sabar, Nova Tamon dan Aditya Tegela. Sementara dari pihak UDK ada Dr. Agus S. Soegoto, SE, MSi (Wakil Rektor Bidang Akademik) Dra. Jummi S.L Mokoginta, ME (Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan), serta Ervan Mamonto, SH MH, staf pengajar UDK. (**)

Leave a Reply