Home / Berita / Refleksi: 2013 Jadi Sejarah KPU KK

Refleksi: 2013 Jadi Sejarah KPU KK

KOTAMOBAGU – Tahun 2013 banyak memberikan pelajaran berharga bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.
Yang paling menggemparkan adalah sengketa pemilu kepala daerah walikota dan wakil walikota di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilanjutkan dengan sidang etik di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Alhamdulillah semuanya bisa dilalui dengan baik. Itu berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada kami,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, Selasa (31/12/13) di kantornya kemarin.

Nayodo yang saat sidang sengketa dan sidang etik tersebut tercatat sebagai Ketua KPU Kotamobagu Periode 2008-2013 mengaku bahwa apa yang dilakukannya dalam menyelenggarakan pemilukada Kota Kotamobagu sudah sesuai aturan. “Saya selalu mengedepankan aturan dan berkoordinasi dengan KPU di atas, yakni provinsi dan pusat,” kenang Nayodo.

Karena itu dia berharap kepada masyarakat untuk selalu memberikan masukan serta kritik terhadap kinerja KPU Kotamobagu. “Apalagi sekarang KPU Kotamobagu dapat energi baru dengan masuknya tiga komisioner muda yakni Iwan Manoppo, Aditya Tegela dan Asep Sabar. Saya yakin dengan kapasitas dan kompetensi ketiganya bersama Nova Tamon, KPU Kotamobagu bisa lebih solid dan bekerja maksimal sebagaimana yang diharapkan.”

Bahkan Nayodo mengingatkan bahwa menjadi anggota KPU sekarang tidak mudah. “Tapi bagi mereka yang bekerja sesuai kaidah serta taat aturan dan meninggalkan jauh-jauh kepentingan pribadi, keluarga maupun golongan, yang sulit-sulit dipastikan bisa diatasi dengan baik,” kata Nayodo yang kemarin ditemani Nova.”
Sementara itu tiga komisioner baru, Iwan Manoppo, Aditya Tegela dan Asep Sabar, mengaku bahwa mereka siap menjalankan tugas-tugas sebagai penyelenggara pemilu dengan baik.

“Ini amanah. Karena itu kami berkomitmen sejak seleksi lalu akan bertindak jujur dan professional dalam menjalankan tugas. Dalam lima tahun mendatang kami juga akan sekuat tenaga bersinerji serta berkinerja dengan baik, mulai dari sesama komisioner, maupun dengan tingkatan diatasnya. Tentunya semua itu perlu didukung dan diawasi sepenuhnya oleh masyarakat.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …