Rapor 2016 Hanya 90,18 Persen

MANADO – Dari hasil evaluasi, ternyata capaian kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu hanya 90,18 persen saja. Mengapa demikian?
Problemnya, menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi Perencanaan dan Data, banyak kegiatan-kegiatan yang memang tidak dilaksanakan, karena memang KPU Kotamobagu sedang tidak melaksanakan pilkada.
“Sebut saja diantaranya; (1). Informasi dan Publikasi serta Sosialisasi Pemilu dan Pemilukada, (2). Publikasi Informasi Pemilu, (3). Fasilitasi pengadaan logistik Pemilu, (4). Advokasi dan Sengketa Hukum, dan (5). PAW Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Untuk kegiatan tersebut nol persen, karena memang tidak dilaksanakan,” jelas Asep di sela-sela mengikuti acara Rapat Penyusunan Laporan Kinerja 2016 dan Perjanjian Kinerja 2017 di Lagoon Hotel Manado, Rabu (18/01/17).
Meski demikian, masih kata Asep, ada beberapa kegiatan yang mencapai 100 persen serapan anggarannya, diantaranya Seleksi PNS secara transparan dan Akuntabel dan Perangkat Pengolah Data dan Komunikasi.
“Sementara untuk mengelolaan data capaiannya 99,47 persen. Ini lebih baik dari target yang direncanakan sebesar 90 persen.”
Untuk itu, memasuki tahun 2017 ini, lanjut Asep, KPU Kotamobagu bertekad akan lebih baik, apalagi pada pertengahan 2017 ini tahapan pelaksanaan pilkada serentak gelombang ketiga akan dilaksanakan. “Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota mendatang menjadi taruhan kita dalam mengelola program dan anggaran. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan baik dan terserap sebagaimana yang direncanakan.” ***