Home / Berita / Rapat Pleno Penyerahan Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik

Rapat Pleno Penyerahan Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik

KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu mengadakan Rapat Pleno Terbuka Penyerahan Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2014. Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan jadwal Tahapan Pemilu Tahun 2014 sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2012.

Rapat dihadiri oleh perwakilan partai politik, Kesbang Pol Kota Kotamobagu, dan Panwaslu Kotamobagu. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan hasil verifikasi terhadap 16 partai politik yang telah lolos administrasi sesuai Surat Edaran KPU Nomor 538/KPU/X/2012 Perihal Dokumen Verifikasi Faktual Partai politik calon Peserta Pemilu Tahun 2014.

Dalam pembacaan tersebut, KPU memberitahukan hasil verifikasi faktual terhadap partai politik tentang keberadaan kantor beserta surat kepemilikan, kepengurusan KSB, keterwakilan 30% perempuan, dan juga keanggotaan parpol yang dinyatakan dengan pernyataan sesuai atau tidak sesuai dan memenuhi atau tidak memenuhi.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu perwakilan partai juga menyampaikan ada partai tertentu yg melibatkan para PNS dalam kegiatan partai. Menanggapi hal tersebut Shakespeare Makalunsenge selaku anggota Panwas menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 , dan Undang-Undang Tahun 2012 menegaskan bahwa aparat negara termasuk PNS dilarang terlibat dalam partai politik. Panwas dan KPU pun akan segera memanggil Ketua Partai dan Kepala SKPD untuk memberikan penjelasan tentang larangan tersebut.

Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan Ketua PKB yang juga Anggota DPRD Kota Koptamobagu, Yusran Mokolanut yang mengatakan bahwa dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negri Sipil bahwa seorang PNS tidak boleh terlibat dalam kegiatan partai meskipun itu hanya menghadiri undangan yang sifatnya pribadi karena jabatan tetap melekat dalam diri seorang PNS.

Turut hadir juga Kabag Kesbang Pol, Herman Arai yang menambahkan bahwa pihak Kesbang Pol akan menertibkan APK, yang saat ini masih terpampang di wilayah Kota Kotamobagu. Rapat pun diakhiri dengan ditutupnya acara tersebut oleh Ketua KPU Kotamobagu dan penyerahan berita acara kepada perwakilan partai politik yang hadir dalam rapat tersebut.

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply