Home / Berita / Rakyat Bebas Awasi Pemilu

Rakyat Bebas Awasi Pemilu

KOTAMOBAGU – Penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2014 kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana masyarakat diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan pengawasan.

Menurut Ketua Divisi Humas, Kampanye, Data Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, sejak awal pihaknya sudah membuka pintu buat masyarakat melakukan pengawasan. Ini penting demi menjaga kualitas Pemilu yang demokratis dan sesuai dengan harapan masyarakat. “Tak hanya membuka kesempatan masyarakat mengawasi pemilu, KPU juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan cek ulang apakah namanya sudah tertera di daftar pemilih. Apalagi sekarang daftar pemilih terus dicermati oleh KPU,” jelas Asep.

Kepada koran ini Asep juga menjelaskan bahwa untuk daftar pemilih, KPU bersama pemerintah, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kotamobagu terus melakukan perbaikan. “Ini sebagaimana rekomendasi badan pengawas pemilu saat Pleno Nasional awal Desember 2013 silam.”

Hal lainnya, KPU juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengakses informasi melalui media online dan media sosial yang dibentuk oleh KPU. “Ini juga dianggap penting agar masyarakat bisa mengetahui dengan jelas kinerja KPU sebagai penyelenggara pemilu dan apa saja aktivitas yang dilakukan KPU.”

Yang pasti, hampir semua aktifitas KPU, mulai dari staf hingga komisioner hamper setiap hari di-update di media online. Tak hanya itu KPU Kotamobagu juga menerbitkan bulletin setiap bulannya dan diedarkan ke seluruh masyarakat melalui PPS serta PPK. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …