Rakor Akhir DPT

KOTAMOBAGU – Setelah dilakukan beberapa kali pencermatan dan perbaikan, akhirnya daftar pemilih tetap (DPT) akan ditetapkan pada Selasa (18/03/14) besok.

“Mengapa tanggal 18 Maret, karena sesuai edaran KPU RI, penetapan secara nasional akan dilakukan pada 24 Maret atau bertepatan dengan 14 hari menjelang hari H pemungutan suara,” kata Yusril Kobandaha, koordinator operator sidalih KPU Kotamobagu di ruang kerjanya, Senin (17/03/14).

Menurut Yusril hasil akhir DPT adalah 90.658 dengan rincian 46.006 pemilih laki-laki dan 44.652 pemilih perempuan. Angka tersebut juga sudah termasuk dengan pemilih di rumah tahanan (Rutan) Kotamobagu.

“Untuk TPS juga ketambahan satu buah untuk lokasi Rutan Kotamobagu, selebihnya tidak ada perubahan,” jelas Yusril.

Yusril menambahkan dengan tenggat waktu tersebut maka penyusunan DPT dan juga daftar pemilih khusus (DPK) dihentikan pada Senin (17/03/14). “Karena pada rakor Selasa besok juga akan disampaikan perkembangan DPK yang sudah dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS).”

Sementara itu, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Asep Sabar, menambahkan bahwa pada Selasa besok akan dilakukan rapat koordinasi (rakor) bersama pimpinan partai politik (parpol) dan panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kotamobagu. “Pada kesempatan itu akan disampaikan beberapa hal terkait dengan pencermatan kembali dan perbaikan data pemilih,” kata Asep.

Dan, usai rakor ditingkat kabupaten kota, lanjut Asep, akan diteruskan dengan rakor tingkat provinsi. Setelah itu untuk selanjutnya rakor dilakukan ditingkat nasional di Jakarta. (**)

Leave a Reply